• News

  • Peristiwa

Campur Tangan AS Bikin Konflik Israel dan Palestina Makin Memanas

Tentara  Israel bersenjata lengkap mengepung warga Palestina.
Indianexpress
Tentara Israel bersenjata lengkap mengepung warga Palestina.

AMERIKA SERIKAT, NETRALNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Michael Pompeo mengatakan AS tidak akan lagi mematuhi pendapat hukum Departemen Luar Negeri 1978 tentang penyelesaian permukiman Israel di Tepi Barat. Washington kini menganggap permukiman di tanah Palestina yang diduduki rezim Zionis itu sesuai hukum internasional.

Dia bersikeras perubahan kebijakan yang menyakitkan Palestina ini tidak akan membuat Amerika diisolasi komunitas global.

Mengutip dari laman BBC, Para Analis Politik mengkritik langkah AS, dengan mengatakan keputusan itu akan membuat konflik Israel dan Palestina yang sudah lebih dari 70 tahun semakin runyam dan penyelesaian konflik menjadi lebih sulit.

"Dia dapat menyatakan bahwa malam adalah siang, tetapi itu tidak akan mengubah fakta bahwa permukiman Israel tidak hanya ilegal menurut hukum internasional, tetapi juga merupakan hambatan besar bagi perdamaian dan stabilitas kawasan kita," kata Hagit Ofran dari kelompok Israel anti-permukiman Peace Now dikutip dari Baidu News, Rabu (20/11/2019).

Reporter : Albert Adji
Editor : Nazaruli