• News

  • Peristiwa

Temui Menko PMK, GMKI: Belum Ada Terobosan Penuhi Kebutuhan Dasar Manusia

Temui Menko PMK, GMKI: Belum ada terobosan penuhi kebutuhan dasar manusia.
Menko PMK
Temui Menko PMK, GMKI: Belum ada terobosan penuhi kebutuhan dasar manusia.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) yang dipimpin Ketua Umum Korneles Galanjinjinay diterima Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Pada pertemuan tersebut, Korneles mengatakan bahwa kebutuhan dasar manusia adalah hal yang paling utama dan urgensi yang harus diselesaikan pemerintah. Selama ini GMKI klaim belum ada terobosan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia dan aspirasi dari rakyat kecil.

“Selama ini kami melihat belum ada suatu terobosan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia, aspirasi rakyat kecil akan pemenuhan kebutuhan dasar belum sepenuhnya dipenuhi pemerintah," kata Korneles, seperti dalam keterangannya pada Netralnews, Kamis (21/11/2019).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan Nyoman Shuida dan Sekertaris Kemenko PMK Sani.

Pada pertemuan yang berlangsung pada Selasa (19/11/2019), diharap GMKI, Menko PMK baru yang dianggap berkompeten dan berpengalaman dapat menyelesaikan persolan kebutuhan dasar rakyat kecil, seperti pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial dan kebebasan beribadah dengan melakukan kordinasi, singkronisasi kebijakan dan keputusan strategis antar kementrian.

"Jangan ada kementrian lembaga yang berjalan sendiri-sendiri,harus terintegrasi program kebutuhan dasar dibawa kemenko PMK, dengan demikian, kebutuhan dasar sejak dalam kandungan sampai mati akan terpenuhi," kata Korneles.

Korneles klaim, pertemuan yang dilakukan pengurus GMKI dengan Muhadjir sudah sering dilakukan saat menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Kesempatan kemarin adalah pertemuan pertama GMKI setelah Muhadjir menjabat sebagai Menko PMK.

Pertemuan yang berlangsung sekitar 45 menit membahas seputar issu dan persoalan seperti stunting, busung lapar, kekerasan perempuan dan anak, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), intoleransi, pembinaan pemuda,ekosistem pendidikan nasional.

Pada kesempatan tersebut Muhadjir menyampaikan terima kasih atas konstribusi GMKI yang tetap setia melakukan kajian dan memberikan masukan-masukan akan penyelesaian persoalan-persoalan di Indonesia, termasuk penyelesaian masalah kepastian pemenuhan kebutuhan dasar manusia.

Harapan Muhadjir, GMKI dan pihaknya selalu sama-sama memaksimalkan potensi dan bisa berkoordinasi dan melakukan perbaikan, kususnya dalam menggalakkan revolusi mental.
 
"Kita bersykur diberikan kesempatan di Kemenko PMK untuk bisa berbuat lebih banyak lagi. Sejak saya di tunjuk sebagai Menko PMK saya tegas mengatakan berkomitmen dan bertanggung jawab memenuhi kebutuhan dasar bangsa," ujar Muhajir.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani