• News

  • Peristiwa

Tokoh Tiongkok ini Jadi Dalang Penahanan Warga Uighur

 Tokoh Tiongkok ini menjadi dalang penahanan warga Uighur.
News
Tokoh Tiongkok ini menjadi dalang penahanan warga Uighur.

TIONGKOK, NETRALNEWS.COM - Sejumlah dokumen rahasia yang bocor untuk pertama kalinya merinci upaya pemerintah RRT mencuci otak ratusan ribu Muslim secara sistematis dalam jaringan kamp-kamp penjara dengan penjagaan ketat.

Dilansir dari CNBC, Pemerintah RRT telah berkali-kali mengklaim bahwa kamp-kamp yang terletak di wilayah Xinjiang barat itu menawarkan pendidikan dan pelatihan secara sukarela.

Tapi dokumen-dokumen resmi, yang dilansir dari Baidu, Selasa (26/11/2019), menunjukkan bagaimana para tahanan dikurung, diindoktrinasi, dan dihukum.

Namun, siapakah tokoh yyang menjadi Dalang Penahanan Warga Uighur?

Baidu melaporkan beberapa dokumen menunjukkan Zhu Hailun, seorang pejabat Han yang fasih berbahasa Uighuróbahasa minoritas Muslim Turki setempatósebagai otak di balik layar.

Zhu, yang saat itu menjabat Ketua Komisi Urusan Politik dan Hukum Partai Komunis di wilayah Xinjiang, menandatangani dokumen yang diterbitkan pada tahun 2017. Seorang ahli bahasa Uighur mengenali tanda tangan Zhu yang ditulis di atas beberapa dokumen dari masa kerjanya sebagai penerjemah di Kashgar, ketika Zhu menjadi pejabat tinggi kota.

Zhu dilaporkan bergabung dengan Partai Komunis pada tahun 1980 dan naik jadi pejabat birokrasi Xinjiang, yang bertanggung jawab atas kota-kota "titik panas". Menjelang tahun 1990-an, ia sangat fasih berbahasa Uighur, sehingga ia mengoreksi penerjemahnya sendiri selama ada pertemuan.

Reporter : Albert Adji
Editor : Sulha Handayani