• News

  • Peristiwa

600 Demonstran Hong Kong Akhirnya Menyerah

600 demonstran Hong Kong akhirnya menyerah.
Metro
600 demonstran Hong Kong akhirnya menyerah.

HONG KONG, NETRALNEWS.COM - Setelah berdemonstrasi cukup lama, akhirnya sebanyak 600 demonstran memutuskan menyerah kepada polisi setelah terjadi mediasi.

Dilansir dari CNBC, Kepala Eksekutif Carrie Lam yang muncul di hadapan publik sejak krisis terjadi 36 jam lalu berujar, sekitar 20 aktivis dievakuasi untuk mendapat perawatan , ironisnya sekitar 200 dari demonstran yang menyerah adalah anak-anak. Karena itu, polisi tidak perlu menahan mereka dengan sisanya dibekuk.

Seperti dilansir dari CNBC, pengepungan di kampus PolyU yang terletak di Semenanjung Kowloon diperkirakan mendekati akhir dengan jumlah demonstran yang ada di dalam area kampus semakin menyusut, beberapa hari usai bentrokan sengit pecah.

Di tengah krisis politik yang melanda kota finansial itu, China sudah melontarkan sejumlah peringatan, dan memunculkan kekhawatiran mereka bakal turun langsung. Duta Besar Beijing untuk Inggris, Liu Xiaoming, menyatakan pemerintahan Carrie Lam sudah "berjuang sangat keras untuk mengendalikan situasi".

"Tetapi jika situasi tidak terkendali, pemerintah pusat jelas tak akan berdiam diri. Kami punya kekuasaan mengakhirinya," ujar Liu dikutip dari Baidu News.

Reporter : Albert Adji
Editor : Sulha Handayani