• News

  • Peristiwa

Fraksi PKS Tanggapi Pernyataan Mendagri soal Perbandingan Jakarta dengan Shanghai China

Fraksi PKS tanggapi pernyataan Mendagri soal perbandingan Jakarta dengan Shanghai China.
Kemendagri
Fraksi PKS tanggapi pernyataan Mendagri soal perbandingan Jakarta dengan Shanghai China.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Fraksi PKS di DPRD DKI, Dedi Supriyadi mengatakan tidak tepat membandingkan antara Jakarta dan Shanghai, China yang sudah maju dalam segala bidang.

Hal tersebut dikatakan Dedi menangapi ucapan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang mengibaratkan Jakarta kayak kampung dibanding kota Shanghai, China masih jadi perhatian.

"Membandingkan Jakarta dengan Beijing dan Shanghai dalam hal tertentu bisa saja, tapi secara keseluruhan agak kurang pas. Enggak apple to apple," kata Dedi, Kamis (28/11/2019).

Terkait pernyataan Tito Karnavian, Gubernur DKI Anies Baswedan telah merespons hal tersebut. Meski demikian, pro dan kontra masih terus disuarakan.

Dedi mengingatkan, dalam perencanaan pembangunan di Jakarta bukan sepenuhnya hak Pemprov DKI. Menurutnya, masih banyak persoalan di DKI yang bercokol dan keputusannya di tangan pemerintah pusat.

"Contohnya jalan, sungai dan beberapa kawasan seperti Kemayoran dan Senayan," ujar Dedi.

Menurut dia, pembangunan di Ibu Kota sejauh ini cukup progresif dan manusiawi. Beberapa kebijakan Gubernur Anies yang diapresiasi seperti perbaikan trotoar sampai membangun jalur sepeda.

"Seperti kebijakan memperbaiki trotoar, membangun jalur sepeda dan memperbesar kapasitas dan kenyamanan transportasi publik," tutur dia.

Sebelumnya, Tito mengatakan, tumbuhnya demokrasi harus diimbangi dengan meningkatnya ekonomi dan pertumbuhan sebuah kota modern yang tertata rapi serta bersih. Ia pun membandingkan kondisi Jakarta dengan dua kota ternama di China yaitu Beijing dan Shanghai.

Tito membandingkan itu dalam periode 1998 dan dengan kondisi sekarang. Hal ini disampaikan eks kapolri itu saat Musyawarah Nasional atau Munas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa 26 November 2019.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani