• News

  • Peristiwa

ASN Dilarang tapi Gubernur Anies Hadiri Reuni 212, FAKTA: Karena Dia Bukan ASN?

Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA), Azas Tigor Nainggolan
foto: istimewa
Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA), Azas Tigor Nainggolan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri reuni akbar 212 dengan disambut meriah dengan sebutan “Gubernur Indonesia” oleh para peserta reuni. Acara tersebut digelar di kawasan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).

Saat memberikan sambutan, Anies Baswedan mengenakan baju seragam dinas gubernurnya. Ia menyuarakan tentang keberagaman dan keadilan.

"Bangsa Indonesia sering menarik perhatian dan sering kita sampaikan karena keberagamannya, saya sampaikan ada yang unik dari keberagaman ini," ujar Anies Baswedan.

Sementara itu, sebelumnya, ada larangan agar ASN tidak menghadiri reuni oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI.

"Kita pada prinsipnya menjunjung netralitas sesuai Undang-Undang Nomor 5/2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11/2017 terkait dengan aktivitas massa. Apalagi hari kerja, ya artinya tidak diperbolehkan," ujar Kepala BKD DKI Jakarta, Chaidir, seperti dikutip beberapa awak meida, Sabtu (30/11/2019).

"Jika ada ASN yang berani melanggar, BKD DKI akan memberikan sanksi kepada pelanggar. Kewajiban ASN adalah bekerja. Jadi, sudah seharusnya untuk memberikan yang terbaik bagi instansinya," tandasnya.

Menanggapi kehadiran Gubernur Anies pada acara reuni 212, Ketua Forum Warga Kota (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan mempertanyakan atas sikap Gubernur Anies.

“Loh, kalau gubernur boleh hadir? Apa karena dia bukan ASN?” kata Tigor.

Menurutnya, situasi tersebut membuat aturan melarang ASN ikut reuni 212 menjadi tidak jelas.

“ASN nggak boleh ikut acara reuni 212. Tapi dia sendiri ikut di situ, hadir memberikan sambutan. Ya, kan dia pimpinan daerah yang harus memberikan contoh, kan itu nggak konsisten," tandasnya.

Menurut Tigor, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta sudah memastikan tidak akan ada aparatur sipil negara (ASN) yang hadir di acara itu.

"Kan BKD DKI memastikan tidak ada ASN hadir di acara tersebut. Tapi pak Anies datang ke situ sebagai Gubernur, kemudian menggunakan seragam. Selain itu dia pasti nggak sendirian (hadir di acara tersebut)," pungkas Tigor.

Editor : Taat Ujianto