• News

  • Peristiwa

Adik Obama Ajak Pemuda Bangga Jadi Warga Indonesia

Adik Obama Ajak pemuda bangga jadi warga Indonesia.
Netralnews/Ocha
Adik Obama Ajak pemuda bangga jadi warga Indonesia.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Adik Barack Obama, Maya Soetoro mengajak pemuda dan pengusaha Indonesia bangga menjadi Warga Indonesia. Dia menilai pemuda dan pemudi Indonesia sangat cakap sehingga harus memiliki pendekatan berdasarkan kemampuan untuk mengetahui indahnya kebudayaan dan komunitas-komunitas di Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Maya disela-sela acara makan siang bersama dan diskusi informal para pemuda dan pengusaha muda. Acara tersebut diinisiasi oleh HOPE Worldwide Indonesia dan diselenggarakan di Nan Xiang, Hotel Sultan, Rabu (4/12/2019).

"Pemuda-pemudi Indonesia untuk bangga menjadi seorang warga indonesia, dan membagikan hal-hal tersebut ke seluruh dunia," kata Maya pada Netralnews.

Lebih lanjut Maya katakan, pemuda-pemudi harus bisa berpikir bahwa kita saat ini sedang berada di persimpangan jalan. Pemuda-pemudi Indonesia harus memikirkan bagaimana caranya untuk mengangkat komunitas lokal mereka dan juga bagaimana caranya untuk hidup secara damai di level global.

"Mesti ada pemahaman tentang hak-hak manusia, keadilan sosial, nilai-nilai bijaksana dan progresif, harmoni antar agama, membawa nilai-nilai terbaik dari tradisi dan memadukannya dengan teknologi masa depan," jelas Maya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu pemuda yang hadir dalam acara tersebut Rizky Adi Pratama (19) mengatakan, berjumpa dengan Maya merupakan pengalaman luar biasa. Dia merasa bersyukur bisa diundang oleh HOPE Worldwide Indonesia dalam acara diskusi informal dan dipertemukan dengan tokoh hebat.

"Ibu Maya sosok yang sudah diketahui dan dikenal, saya harap bisa memberikan dampak pada peserta yang hadir. Selain itu semoga kami bisa diundang dalam kegiatan serupa seperti ini," kata Rizky yang juga merupakan Koordinator Saturday Academy Tangerang ini.

Rizky jelaskan bahwa HOPE Worldwide Indonesia tidak hanya fokus pada sektor pendidikan melainkan juga pada kesehatan. Misalnya saja dalam pemberian makanan sehat, mengukur tinggi dan berat badan anak, dengan berkolaborasi dengan ibu-ibu dari anak-anak program Saturday Academy, baik soal pola asuh anak dan karakter anak.

"Dalam acara ini kita bisa bersama belajar dari orang-orang hebat yang hadir. Terlebih pada anak muda minim pengalaman jadi bisa belajar untuk berbuat banyak hal baik," jelas mahasiswa semeter III ini.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani