• News

  • Bisnis

Harga Cabai Rawit di Singkawang Alami Penurunan

Ilustrasi Pedagang Cabai
Republika
Ilustrasi Pedagang Cabai

PONTIANAK, NETRALNEWS.COM  - Harga cabai rawit, cabai besar merah maupun hijau di Pasar Tradisional Beringin dan Alianyang saat ini mengalami penurunan.

"Untuk harga cabai rawit di Pasar Beringin dari Rp38 ribu per kilogram sekarang turun menjadi Rp30 ribu per kilogram," kata Kasi Distribusi dan Perdagangan Luar Negeri Disperindagkop dan UKM Singkawang, Helmi Aswandi, Minggu (8/12/2019).

Menurutnya, harga ini merupakan cabe yang memiliki kualitas baik. Sementara untuk cabe rawit yang kualitas biasa dijual di kisaran antara Rp25 ribu-Rp28 ribu per kilogram.

Sedangkan di Pasar Alianyang, pada minggu lalu cabai rawit masih dijual seharga Rp40 ribu per kilogram. Tapi sekarang, turun menjadi Rp35 ribu per kilogram.

Penurunan harga cabe rawit, katanya, dikarenakan stok atau ketersediaan cabe rawit saat ini sangat banyak di pasaran, sehingga menyebabkan harga cabai rawit turun drastis.

Sementara cabe hijau besar saat ini dijual seharga Rp10 ribu per kilogram. Sedangkan cabai besar merah dijual seharga Rp15 ribu per kilogram.

"Untuk harga normalnya, biasanya cabaie besar dijual seharga Rp35 ribu per kilogram," ujarnya.

Selain itu, telur ayam ras hingga kini masih dijual di kisaran Rp21 ribu-Rp22 ribu per kilogram, bawang merah Rp28 ribu-Rp30 ribu per kilogram dan bawang putih Rp26 ribu-Rp28 ribu per kilogram.

"Kemudian kentang masih dijual Rp14 ribu per kilogram, sementara wortel ada sedikit penurunan dari Rp20 ribu per kilogram turun menjadi Rp18 ribu per kilogram," ungkapnya.

Untuk sayur, lanjutnya, masih dijual Rp5.000 per ikat, ayam bersih (Karkas) dijual di kisaran harga Rp38 ribu-Rp40 ribu per kilogram dan gula pasir rata-rata dijual Rp13 ribu per kilogram.

 

Editor : Nazaruli