• News

  • Peristiwa

Kasus Harley Via Garuda, Bamsoet Minta Erick Thohir Pidanakan Ari Askhara

Kasus Harley via Garuda, Bamsoet minta Erick Thohir pidanakan Ari Askhara.
Trijaya
Kasus Harley via Garuda, Bamsoet minta Erick Thohir pidanakan Ari Askhara.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesi, I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara terkait kasus dugaan penyelundupan Harley-Davidson dan Brompton melalui pesawat Garuda Indonesia.
Setelah kasus itu terkuak ke permukaan, banyak pihak mendesak agar Erick Thohir tak hanya memecat Ari, tapi juga membawa persoalan itu ke jalur hukum.

Desakan itu juga disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). "Saya minta kepada saudara Erick Thohir, di samping melakukan pemecatan juga memproses kasus ini ke meja hijau," katanya di Jakarta, Sabtu (7/12/2019).
Pasalnya, Bamsoet menyebut, kasus dugaan penyelundupan Harley-Davidson dan Brompton melalui pesawat Garuda Indonesia merupakan kasus pidana yang tak hanya cukup dengan pemecatan. 
"Karena penyeludupan itu adalah pidana dan unsur itu tidak boleh dilepas," tegas mantan Ketua DPR.

Sebelumnya diberitakan, Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Ashkara karena diduga terlibat dalam penyelundupan komponen Harley Davidson menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan direktur utama Garuda dan tentu proses pada ini karena perusahaan publik ada prosedurnya," ujar Erick di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).

Sementara itu, Polda Metro Jaya hingga Jumat (6/12/2019), belum menangani kasus penyelundupan yang menyeret Ari Ashkara itu. "Kasus ini masih ditangani oleh teman-teman bea cukai dari unit penindakan, kita tunggu saja nanti, kita akan koordinasi ke sana," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

Editor : Sulha Handayani