• News

  • Bisnis

Cut the Crab Luncurkan Program ‘Peduli terhadap Nelayan’

Cut The Crab Jalan Cikajang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Istimewa
Cut The Crab Jalan Cikajang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya dengan beragam makanan khas laut, seperti kepiting. Kondisi ini seharusnya dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, terutama para nelayan.

Namun kenyataannya, para nelayan menghadapi masalah permodalan, khususnya dalam pengadaan atau kepemilikan kapal.

General Manager Cut the Crab (CTC) Crissinda Sutadisastra mengatakan, ketidakmampuan nelayan lokal dalam kepemilikan membuat mereka memiliki keterbatasan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

“Ini harus mendapatkan perhatian dan tanggung jawab dari, tidak hanya pemerintah, tapi para stakeholder dan pihak-pihak terkait lainnya,” kata Crissinda di Restoran Cut the Crab, Jalan Cikajang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Ungkap Crissinda, sebenarnya program ‘Peduli terhadap Nelayan’ ini sudah berjalan sejak setahun yang lalu. Beberapa nelayan di DKI Jakarta dan Pulau Jawa telah mendapatkan bantuan modal untuk membeli kapal.

Crissinda tidak memungkiri, dengan berkembangnya CTC maka membutuhkan lebih banyak kepiting segar dan aneka seafood lainnya dari dalam negeri.

Diungkapkannya, selama ini kebutuhan CTC akan aneka seafood didapat dari beberapa wilayah Indonesia, seperti Raja Ampat, Papua, dan Kendari, Sulawesi Utara. Dari dua tempat ini CTC mendapatkan makanan laut yang segar dan terbebas dari zat yang membahayakan tubuh manusia.

“Kepiting yang disuplai dari Raja Ampat beratnya dari 1 sampai 2 kilogram. Sedangkan seafood lainnya, seperti udang, lobster, kerang disuplai dari Kendari. Dua wilayah ini perairannya bersih dan terbebas dari zat kimia yang membahayakan,” tuturnya.

Crissinda menegaskan, kebersihan lingkungan dan bebasnya zat kimia di mana seafood itu berasal merupakan keharusan bagi CTC. Hal ini demi kepuasan dan keamanan pelanggan.

“Prinsip yang kami pegang adalah menyajikan makanan laut yang fresh, sehat, dan bergizi. Sea to table, dari laut ke meja untuk disajikan kepada masyarakat,” pungkasnya. 

Editor : Y.C Kurniantoro