• News

  • Peristiwa

Anak dan Menantu Jokowi Ikut Pilkada, Tak Disangka Begini Komentar Sandiaga Uno

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno.
NNC/Adiel Manafe
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan menantunya Bobby Nasution akan mengikuti Pilkada 2020. Gibran bakal bertarung di Pilkada Solo, sementara Bobby maju di Pilkada Medan.

Keikutsertaan dua keluarga Jokowi di Pilkada ini mendapat tanggapan dari Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno. Ia mengatakan, pemilihan kepala daerah ditentukan rakyat bukan elite partai politik.

"Mengenai majunya putra dan menantunya presiden tentunya ini masyarakat yang menilai. Karena tentunya, kalau pemilihan kepala daerah akan ditentukan bukan oleh elite tapi oleh rakyat," kata Sandi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12/2019).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menilai, keikutsertaan Gibran dan Bobby di Pilkada merupakan hak politik dan itu tidak dilarang undang-undang. Karenanya, ia meminta agar Gibran dan Bobby diberikan kesempatan.

"Kita jangan judge dulu, kita berikan kesempatan dan nggak masalah di bidang hukum. Ini terbuka bagi mereka yang memiliki hak politik," ujar Sandi.

"Tapi juga kita pastikan prosesnya itu, proses yang tentunya menunjukkan bahwa tidak ada keberpihakan pada proses itu. Harus dibuat seadil mungkin dan ini jadi tanggung jawab kita semua termasuk teman-teman media," sambungnya.

Lebih lanjut, eks calon wakil presiden itu mengatakan, Pilkada 2020 menjadi kesempatan bagi Gibran dan Bobby untuk meyakinkan pemilihnya bahwa mereka punya kapasitas sebagai pemimpin.

"Dan di sini kesempatan bagi mas Gibran dan bang Bobby untuk meyakinkan para calon pemilihnya bahwa mereka memiliki kapasitas untuk membangun daerahnya," jelas Sandi.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan.H.P