• News

  • Bisnis

Cara Ampuh UMKM Tembus Pasar Global

Kemendag dukung UMKM tembus pasar global.
UMKM
Kemendag dukung UMKM tembus pasar global.

BEKASI, NETRALNEWS.COM – Kementerian Perdagangan terus melakukan berbagai upaya strategis dalam mendukung ekspor produk UMKM ke pasar global. Salah satunya dengan memanfaatkan pusat logistik berikat (PLB) e-commerce (niaga elektronik) sebagai sarana untuk membantu proses ekspor produk UMKM.

“Produk UMKM Indonesia yang berkualitas dan beragam harus didorong terus agar menembus pasar global dan mampu bersaing dengan produk-produk negara lain. Salah satu strategi yang dilakukan adalah melalui pemanfaatan PLB e-commerce selain perdagangan yang konvensional,” tegas Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat meresmikan ekspor perdana produk UMKM melalui PLB e-commerce di Pusat Pergudangan Marunda Center, Bekasi, Jawa Barat.

Acara ini dihadiri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki. Selain itu, hadir pula Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, Dewan Pengawas Koperasi NU Circle Nusantara Lily Wahid, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Benny Soetrisno, serta Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor Kadin Handito Joewono.

"Keberadaan PLB e-commerce diharapkan dapat meningkatkan peran UMKM dalam menembus pasar Internasional tanpa harus dipusingkan dengan masalah pemasaran dan proses pengiriman barang yang selama ini menjadi kendala utama," jelas Mendag, dalam siaran persnya, Sabtu (21/12/2019).

Menurut Mendag, dengan adanya fasilitas bantuan pemasaran melalui PLB e-commerce, UMKM akan dapat fokus pada pengusahaan modal, sistem produksi, dan distribusi. Para UMKM berorientasi ekspor juga dapat memanfaatkan PLB e-commerce untuk memenuhi kebutuhan bahan baku melalui fasilitas KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor).

Selain itu, fasilitas pergudangan yang tersedia juga dapat memangkas waktu pesanan karena importir dan pemilik barang tidak perlu menunggu lama untuk memasukan barang ke Indonesia. PLB e-commerce juga dapat berfungsi sebagai hub wilayah untuk pasokan barang ke negara tetangga dan dengan menerapkan sistem mempermudah arus kas, UMKM menjadi lebih mudah dalam mengelola keuangan.

Mendag menyampaikan, PLB e-commerce memberikan peluang yang lebih luas bagi kegiatan ekspor UMKM dan dapat memicu tumbuhnya industri jasa penunjang lainnya seperti jasa logistik, transportasi, dan kegiatan ekonomi berbasis elektronik lainnya. PLB e-commerce secara langsung akan berdampak pada transparansi barang-barang yang diekspor maupun diimpor, baik dari sisi jumlah, jenis, dan harga.

Editor : Sulha Handayani