• News

  • Peristiwa

Polresta Mataram Siagakan 351 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru

Kapolresta Mataram AKBP Guntur Hernditrianto
Suara NTB
Kapolresta Mataram AKBP Guntur Hernditrianto

MATARAM, NETRALNEWS.COM - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) siagakan sebanyak 351 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan malam pergantian tahun 2020 di wilayah hukumnya.

"Kekuatan personel khusus internal Polri sebanyak 351 orang ini tergelar di seluruh wilayah hukum Polresta Mataram," kata Kapolresta Mataram AKBP Guntur Hernditrianto di Mataram, Selasa (24/12/2019).

Namun dalam kegiatan pengamanan ini, Polresta Mataram mendapat tambahan kekuatan personel dari sejumlah pihak terkait, baik dari aparat TNI, Dinas Perhubungan maupun Satuan Polisi Pamong Praja.

"Ada juga perbantuan dari adik-adik Pramuka," ujar dia.

Bahkan untuk lebih memastikan keamanannya, Polresta Mataram berkoordinasi dengan Polda NTB. Hasilnya, Polda NTB menerjunkan perbantuan kekuatan dari satuan Sabhara, Brimob dan Polair.

"Personel Polair juga akan membantu karena ada satu wilayah kita yang pada saat libur akhir tahun itu menjadi tujuan wisatawan, yaitu di Pantai Loang Baloq," ucapnya.

Dalam kegiatan pengamanan kawasan perairan tersebut, jelasnya, Polair menerjunkan sepuluh personel dengan kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai.

Lebih lanjut, pengaman di tempat ibadah umat Nasrani, hiburan, maupun pusat perbelanjaan juga akan lebih digiatkan.

Pembagian anggota jaga akan terpusat di tiga pos pengamanan (pospam) serta satu pos pelayanan (posyan) yang tersebar di sejumlah titik strategis.

"Tiga pospam dan satu posyan ini yang akan menjadi tempat pergeseran kekuatan pengamanan," katanya.

Kegiatan pengaman akhir tahun ini merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Lilin Gatarin 2019 yang lebih mengedepankan kegiatan bersifat preventif dan preemtif.

Editor : Sesmawati