• News

  • Peristiwa

Target Sulit Dicapai, Pemprov DKI Optimistis Penyerapan Anggaran 2019 Lebih Baik dari 2018

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah.
NNC/Wahyu Praditya Purnomo
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah optimistis penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) lebih baik dari penyerapan tahun 2018 yang mencapai 82,03 persen. Meski saat ini penyerapan anggaran jauh dari target 2019.

"Kita masih optimistis masih di atas 80 persen. Kan tahun anggaran belum berakhir. Pembayaran pembangunan fisik masih terus berjalan hingga akhir tahun ini. Posisi penyerapan anggaran kita baru ketahuan nanti pas 31 Desember 2019," kata Saefullah Kamis (26/12/2019).

Diketahui Pemprov DKI menargetkan penyerapan anggaran tahun 2019 sebesar 85 persen. Namun hingga menjelang akhir tahun, penyerapan APBD yang terealisasi masih 78,21 persen atau sebesar Rp 60,95 triliun dari total anggaran Rp 77,85 triliun.

Dijelaskan, batas penagihan pembayaran itu 20 Desember 2019. Kemudian dilanjutkan dengan pembayaran yang dilakukan Pemprov DKI hingga 31 Desember 2019, pukul 19.00 WIB.

Hal senada disampaikan Asisten Sekda bidang Perekonomian Sri Haryati. Menurutnya, proses penggunaan anggaran APBD DKI 2019 masih berlangsung hingga 20 Desember 2019. Biasanya, pembayaran kontrak kerja proyek pembangunan fisik baru akan dilaksanakan di akhir tahun anggaran.

"Dalam anggaran kan, kita masih sampai 20 Desember 2019. Biasanya, kontrak-kontrak itu (pembayarannya) akan dilaksanakan di akhir tahun. Saya yakin penyerapannya terealisasi di atas 80 persen. Kita sudah punya prediksi itu. Sekarang sedang berproses," tutur Sri Haryati.

Di tempat terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penyerapan anggaran APBD DKI 2019, minimal akan sampai pada posisi 84 persen. "Yang penting di atas 82 persen. Mungkin 83 atau 84 persen," ujar Anies Baswedan.

Diungkapkannya, hingga saat ini Pemprov DKI terus berupaya melakukan pengendalian penyerapan anggaran, sehingga penyerapan anggaran bisa aman sesua penerimaan yang didapatkan Pemprov DKI.

"Insyaallah, penyerapan anggaran aman. Nanti Anda lihat angka terbaru. Tapi sekarang beda dengan tahun lalu. Kita nahan, karena kita mengalami penurunan pemasukan. Dan karena itu, kita mengendalikan. Jadi harapannya serapan kita nanti aman sesuai dengan penerimaan yang kita miliki," jelas Anies.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P