• News

  • Peristiwa

Barangsiapa Ciptakan Konsentrasi Massa di Tahun Baru, Ini Catatan AKBP Muhammad

Kapolres Bangka Barat, AKBP Muhammad Adenan
foto: wowbabel.com
Kapolres Bangka Barat, AKBP Muhammad Adenan

BABEL, NETRALNEWS.COM - Kapolres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Muhammad Adenan mengimbau masyarakat agar mengisi perayaan tahun baru dengan kegiatan positif dan bermanfaat.

"Peringati dengan sewajarnya, jangan ugal-ugalan dan mengedepankan euforia yang bisa merugikan diri sendiri, keluarga, dan orang lain," kata Muhammad Adenan di Mentok, Sabtu (28/12/2019).

Menurut dia, pergantian tahun merupakan momentum alami dan wajar sehingga tidak perlu dirayakan dengan berlebihan yang berpotensi merugikan diri sendiri dan orang lain.

"Kami mengimbau jangan nyalakan petasan atau sejenisnya yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain serta tidak menggelar arak-arakan atau konvoi dan ugal-ugalan," katanya.

Pihaknya juga melarang warga mengonsumsi minuman beralkohol dan narkotika, zat adiktif, dan obat berbahaya (narkoba) demi terjaganya situasi kondusif dan mencegah pelanggaran hukum.

Kapolres juga mewajibkan bagi setiap kelompok masyarakat dan perusahaan yang akan menyelenggarakan perayaan tahun baru, di dalam dan luar bangunan yang berpotensi terjadi konsentrasi massa untuk melaporkan ke kepolisian.

"Kami akan siapkan pengamanan di lokasi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas dan pelanggaran hukum lain," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak masyarakat agar proaktif menjaga keamanan di lingkungan masing-masing dengan mengaktifkan siskamling.

"Kami berharap masyarakat dapat mematuhi imbauan yang kami sampaikan, baik yang dilakukan langsung maupun yang telah terpasang melalui media sosialisasi," katanya dinukil Antara.

Sosialisasi menggunakan media spanduk sudah dilakukan hingga pelosok dan dipasang di beberapa lokasi strategis agar mudah tersampaikan ke masyarakat.

"Mari maknai pergantian tahun untuk introspeksi diri dan menyusun ulang beberapa rencana yang akan kita lakukan pada tahun berikutnya agar berhasil dan lebih bermanfaat bagi orang banyak," katanya.

Editor : Taat Ujianto