• News

  • Peristiwa

BMKG: Beberapa Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat di Awal 2020

Ilustrasi hujan lebat.
Istimewa
Ilustrasi hujan lebat.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Bagian Hubungan Masyarakat dan Biro Hukum dan Organisasi BMKG melaporkan, pihaknya memperingatkan adanya potensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir yang akan terjadi dalam tiga hari kedepan, yakni 31 Desember – 2 Januari 2019) di sejumlah wilayah Indonesia.

Hasil pantauan BMKG menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Perairan barat Sumatera (925/850mb) dan di utara Australia (925/850mb). Konvergensi terbentuk memanjang dari Laut Sumbawa hingga Laut Flores. 

Sementara belokan angin terdapat di Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian tengah, Sulawesi bagian tengah dan Selatan, serta Maluku. Low level jet dengan kecepatan angin diperkirakan mencapai lebih dari 25 knot terdapat di Samudera Pasifik Timur Filipina.

Beberapa wilayah yang berpeluang mengalami hujan lebat pada Selasa (31/12/2019) adalah Sumatera Barat, Lampung, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Salawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. 

Sementara untuk hari ini (1/1/2020), daerah yang berpotensi adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Kemudian untuk esok (2/1/2020), daerah yang berpeluang hujan berkurang menjadi Lampung, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, serta Maluku.

Sementara itu, beberapa wilayah Indonesia lainnya juga berpeluang diguyur hujan lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir. Untuk hari Selasa, wilayah yang berpeluang adalah Aceh, Sumatera Utar, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Maluku , dan Papua.

Kemudian Rabu(1/1/2020), wilayah yang berpeluang yaitu Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua. 

Lalu untuk esok (2/2/2020) hanya tinggal Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, serta Papua yang berpotensi diguyur hujan.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian