• News

  • Peristiwa

Sebut Kinerja Anies Tak Maksimal, Fraksi PKB: Tak Heran Jika Jakarta Banjir

Politikus Nasdem Jupiter dan anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKB Yusuf.
NNC/Wahyu Praditya Purnomo
Politikus Nasdem Jupiter dan anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKB Yusuf.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKB Yusuf menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak maksimal dalam mengantisipasi banjir. Dirinya pun menilai tidak heran sebagian wilayah di Jakarta banjir.

Yusuf lantas mengkritisi pemerintahan Anies yang dinilai hanya fokus menggenjot pembangunan infrastruktur dan pelebaran trotoar, namun lupa menyiapkan langkah menghadapi banjir.

"Yang kelihatan ada memang kemarin trotoar di-gedein, urusan banjir enggak ada," ujar dia.

Dirinya pun membandingkan cara antisipasi banjir di era Anies dengan gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok. Kala Ahok menjabat, Yusuf mengungkapkan bahwa upaya mengantisipasi banjir dilakukan dua bulan sebelum memasuki musim hujan.

"Bukan kita mau bandingkan dengan zamannya Ahok, enggak. Zaman dulu pas dua bulan sebelum banjir ekskavator udah kerja di mana-mana, gali ini gali itu, udah kelihatan, sekarang (era Anies) enggak ada," tuturnya.

Di tempat yang sama, politikus Nasdem Jupiter menyebut saat banjir melanda ibu kota sejumlah pompa tidak beroperasi secara maksimal. Sebab, petugasnya tidak ada di lokasi saat hujan tiba pada 1 Januari 2020.

"Fakta di lapangan kalau teman-teman mau tahu lagi, ternyata petugas pompa di malam tahun baru banyak yang enggak stand by, enggak di situ, sehingga dia terlambat, keburu terendam (pompa airnya)," terangnya.

Meski begitu, Jupiter tidak menjelaskan detail rumah pompa dimana yang tidak ada petugasnya saat banjir.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P