• News

  • Peristiwa

Jupiter Ternyata Melemparkan Batu-Batu Luar Angkasa ke Bumi

Jupiter ternyata melemparkan batu-batu luar angkasa ke Bumi.
Trendsworld
Jupiter ternyata melemparkan batu-batu luar angkasa ke Bumi.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Fisikawan terkemuka ungkap, Planet Jupiter ternyata melemparkan batu-batu luar angkasa ke Bumi, seperti penembak jitu.

Sebagian besar ilmuwan percaya Jupiter, planet terbesar di Tata Surya membantu melindungi dunia lebih dekat dengan matahari, seperti Bumi, dan bertindak sebagai perisai planet. Tetapi fisikawan terkemuka Dr Kevin Grazier mengatakan teori ini telah 'diletakkan untuk beristirahat' dan mengklaim Jupiter juga bertindak sebagai 'penembak jitu' di langit.

Penelitiannya mengklaim raksasa gas itu lebih cenderung melemparkan batu ke arah Matahari dan planet-planet berbatu yang mengorbit daripada menghisapnya atau membelokkannya.

Teori perisai Jupiter mengklaim planet besar, yang memiliki massa lebih dari 300 kali lebih besar dari Bumi, menghisap asteroid atau komet yang lewat. Tetapi simulasi komputer yang dilakukan oleh Dr Grazier mengungkapkan, itu adalah hal yang salah.

“Saya tidak akan mengatakan bahwa ini dalam bahaya, saya akan mengatakan bahwa itu telah dikesampingkan. Simulasi kami menunjukkan bahwa Jupiter kemungkinan besar akan mengirim komet di Bumi," kata Dr Grazier, dilansir dari laman Daily Mail, Senin (13/1/2020).

Serangkaian makalah, termasuk yang berjudul 'Jupiter sebagai Penembak Jitu Daripada Perisai', membawanya ke upaya terbarunya, yakni memahami bagaimana Jupiter melemparkan puing-puing ke Bumi.

Jet Propulsion Laboratory NASA dan University of Southern Queensland memberikan bukti bahwa Jupiter, pada kenyataannya, adalah perisai dan penembak jitu.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani