• News

  • Peristiwa

Soal Pansus Banjir, Suara PDIP Terbelah

Ketua Fraksi PDIP, Gembong Warsono.
BreakingNews
Ketua Fraksi PDIP, Gembong Warsono.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Suara Fraksi PDIP DPRD DKI terbelah dalam menyikapi wacana pembentukan pansus banjir. Hal itu tampak dari perbedaan pendapat antara Ketua DPRD DKI asal PDIP, Prasetio Edi Marsudi dan Ketua Fraksi PDIP, Gembong Warsono.

Gembong menyatakan dukunganya terhadap pembentukan pansus banjir yang digalang sejumlah fraksi di DPRD DKI.

"Ya, kita dukung rencana pembentukan pansus banjir. Karena bagaimanapun, wacana pansus itu kan berawal dari kunjungan beberapa dewan yang menyambangi masyarakat terdampak banjir," kata Gembong yang juga Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta itu.

Menurut Gembong, alasan fraksinya mendukung pansus banjir bukan tanpa alasan. Sebab kejadian banjir yang terjadi di awal 2020 sangat luar biasa dimana ada korban jiwa dan kerugian materil yang nilainya mencapai miliaran.

“Yang jelas usulan pansus ini, melalui proses fakta-fakta di lapangan ketika para anggota dewan turun langsung untuk melihat korban terdampak banjir yang dilanjutkan dengan peninjauan kondisi pompa air,” terangnya

Menurut Gembong, dari turun ke masyarakat dan berbagai peninjauan itu, sekaligus sebagai upaya mencari informasi guna mengevaluasi berbagai aspek penyebab terjadinya banjir.

“Memang saat turun meninjau kondisi banjir, tidak dilakukan semua anggota dewan. Tapi mereka yang turun meninjau banjir sudah mewakili fraksinya masing-masing,” jelasnya.

Berbeda dengan Gembong, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi justru memilih irit bicara ketika ditanya soal adanya usulan pembentukan pansus banjir. Bahkan bendahara DPD PDIP Jakarta ini mempertanyakan anggota yang mendorong pembentukan pansus banjir.

"Saya gak tahu maunya apa anggota saya mewacanakan pembentukan pansus banjir," tutur dia.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sesmawati