• News

  • Peristiwa

Ini Upaya Kesiapsiagaan Indonesia Terkait Pneumonia Misterius di Tiongkok

Pemerintah Indonesia  lakukan kesiapsiagaan terkait Pneumonia Misterius di Tiongkok.
alodokter
Pemerintah Indonesia lakukan kesiapsiagaan terkait Pneumonia Misterius di Tiongkok.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah Tiongkok melaporkan ke World Health Organization (WHO) Western Pacific Regional Office di Manila pada (31/1/2019) terkait munculnya pneumonia misterius.

Diketahui pada (5/1/2020), WHO lantas mengeluarkan statemen pertama, saat itu beberapa kasus pneumonia misterius sudah muncul namun belum diketahui penyebabnya. Pada (12/1/2020) disebutkan penyebabnya yakni Novel Coronavirus.

Virus tersebut bisa menyebabkan penyakit yang ringan sampai berat. Sekarang ini paling banyak dibicarakan adalah MERS-CoV dan SARS-CoV yang masih satu keluarga. Coronavirus pada dasarnya dari binatang pindah ke manusia, dan 80 persen penyakit baru berasal dari zoonosis.

Tanda-tanda umum infeksi dari virus tersebut yakni gejala pernapasan, batul, demam, dan sesak napas.  Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, bahkan kematian.

"Jejaring laboratorium untuk deteksi penyakit infeksi emerging terus dilakukan, terus diperluas dan diperkuat," kata Kepala Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan dr Vivi, dilansir dari situs Kementerian Kesehatan, Jumat (17/1/2020).

Selain itu, juga akan diperkuat tenaga kesehatan, rumah sakit, surveilans, serta pintu-pintu masuk negara seperti bandara dan pelabuhan.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam Pertemuan Ilmiah Berkala bertajuk “Kesiap-siagaan Indonesia Dalam Antisipasi Wuhan Pneumonia” di Gedung Pelayanan Publik Balitbangkes, Jakarta, Jumat  (17/1/2020)

Pertemuan ini dilakukan dalam rangka kesiap-siagaan Indonesia terkait Pneumonia di Tiongkok serta upaya menyamakan persepsi mengenai wabah tersebut.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani