• News

  • Peristiwa

Gerindra Sudah Umumkan Calonnya, DPRD Diminta Stop ‘Sandera‘ Pilwagub DKI

Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria diusulkan jadi salah satu Cawagub DKI Jakarta.
NNC/Adiel Manafe
Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria diusulkan jadi salah satu Cawagub DKI Jakarta.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - DPRD DKI Jakarta diminta tak lagi menyandera proses pemilihan Wagub DKI Jakarta. Apalagi sudah hampir 17 bulan kursi DKI 2 kosong melompong sejak ditinggalkan Sandiaga Uno pada 27 Agustus 2018.

PKS dan Partai Gerindra selaku parpol pengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno hari ini, Senin (20/1/2020), resmi mengumumkan dua nama Cawagub yang akan bertarung dalam Paripurna DPRD DKI Jakarta.

Dua nama yang diajukan merupakan kader dari masing-masing parpol pengusung, yakni Ahmad Riza Patria asal Gerindra dan Nurmansjah Lubis asal PKS.

"Jangan lagi DPRD sandera pemilihan Wagub untuk mendampingi Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif JPS M Syaiful Jihad, Senin (20/1/2020).

Karenanya Syaiful mendorong para politisi Kebon Sirih mempercepat proses pemilihan Wagub DKI. Apalagi sudah ada dua nama Cawagub yang berasal dari dua parpol pengusung.

"Hal ini mengingat penting dan strategisnya posisi Wagub DKI. Mudah-mudahan Wagub yang terpilih memiliki chemistry dengan Gubernur Anies," ujar Syaiful.

Syaiful mengungkapkan, peran yang diemban oleh Wagub adalah menjalankan tugas seremonial dan menggantikan Gubernur pada kesempatan tertentu.

Selain itu, Wagub juga memiliki sejumlah tugas khusus sebagaimana mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Tugas Wagub itu ada yang berkaitan dengan hal-hal khusus, seperti menindaklanjuti laporan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), serta mengawasi kinerja pemerintah daerah," terang Syaiful.

Fungsi pengawasan juga menjadi salah satu tugas Wagub yang perlu digarisbawahi. Dalam Pasal 66 UU Pemerintahan Daerah, memang disebutkan bahwa Wagub perlu memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan yang dilakukan perangkat daerah.

"Wagub juga berkewajiban memberi saran dan pertimbangan kepada Gubernur terkait pelaksanaan pemerintahan daerah," tutup Syaiful.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P