• News

  • Peristiwa

PKS Minta Proses Pemilihan Wagub DKI Diawasi

PKS Minta Proses Pemilihan Wagub DKI Diawasi
Netralnews/Didit
PKS Minta Proses Pemilihan Wagub DKI Diawasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gerindra dan PKS sepakat mengajukan dua nama calon wakil gubernur (Cawagub) DKI. Dua nama cawagub tersebut yaitu Ahmad Riza Patria (Gerindra) dan Nurmansyah Lubis (PKS).

Dipastikan dalam waktu dekat, DPRD DKI bakal melakukan pemilihan dalam sidang paripurna. Namun seiring dengan kepastian bakal adanya pemilihan, kekuatiran adanya dugaan money politik pun kembali mencuat.

PKS meminta masyarakat dan aparat terkait untuk melakukan pengawasan terhadap proses pemilihan wagub DKI.

"Kita meminta aparat penegak hukum, KPK dan aparat lainya agar mengawasi proses pelaksanaan hingga pada hari pemilihan di DPRD DKI," kata Ketua Fraksi PKS di DPRD DKI, Mohammad Arifin dalam acara ngopi bareng di kantor DPW PKS DKI, Rabu (21/1/2020).

Dirinya himbauan agar adanya pengawasan terhadap pelaksanaan pemilihan wagub itu merupakan hal yang wajar. Mengingat dalam setiap kontestasi politik, kerap diwarnai dugaan pelanggaran hukum.

"Bukan mencurigai. Tapi lebih kepada upaya antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses pemilihan," ujar dia.

Senada, Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Syakir Purnomo mengutarakan kekuatiran yang sama. Dia pun meminta media secara menyeluruh ikut mengawasi proses hingga pelaksanaan pemilihan wagub.

"Insya Allah kita optimis dengan calon wagub, Nurmansyah Lubis yang kita usung akan terpilih. Namun kita harapkan agar media ikut mengawasi proses pemilihan ini hingga tuntas. Karena kita harapkan pemilhan berlangsung fair tanpa adanya kecurangan,” tegasnya.

Diketahui Gerindra dan PKS telah menyerahkan nama cawagub DKI ke Gubernur Anies Baswedan. Dalam penyerahan nama cawagub tersebut dihadiri perwakilan partai pengusung. Tampak perwakilan dari Gerindra yaitu, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Moh Taufik, Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarif.

Sementara perwakilan dari PKS adalah Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin, Sekretaris Fraksi DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani.

Gerindra dan PKS menyepakati dua nama baru untuk menjadi cawagub. Mereka adalah Nurmansyah Lubis dari PKS dan A Riza Patria dari Gerindra.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani