• News

  • Peristiwa

Hindari Siswa Lakukan Perilaku Berbahaya, Ini Upaya yang Bisa Dilakukan Sekolah

Heboh seorang siswa melakukan bunuh diri.
Kabar Polisi
Heboh seorang siswa melakukan bunuh diri.

JAKARTA, NETRNEWS.COM - Masyarakat tengah dihebohkan dengan kasus SN (14), siswi salah satu SMPN di Jakarta Timur yang diduga lompat dari lantai empat gedung sekolahnya.

Kasus tersebut diketahui terjadi pada Selasa (14/1/2020). Siswi kelas VIII itu diduga melakukan percobaan bunuh diri saat jam sekolah berakhir sekitar pukul 15.30 WIB. Sempat dirawat di ICU RS Polri, SN meninggal dunia pada (16/1/2020).

Ketua Lembaga Perlindungan Anak GENERASI Ena Nurjanah mengatakan, salah satu upaya yang bisa dilakukan sekolah dalam rangka menghindarkan siswa didiknya dari perilaku yang membahayakan dirinya adalah dengan menerapkan isi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 82 tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

"Apakah Permendikbud Nomor 82 tahun 2015 sudah benar-benar dilaksanakan di sekolah tersebut? maupun di setiap sekolah yang ada di seluruh Indonesia?," tanya Ena, Selasa (21/1/2020).

Dia mempertanyakan juga, apa Permendikbud hanya sekedar peraturan diatas kertas tanpa ada kewajiban  bagi sekolah untuk melaksanakan dan juga tanpa ada konsekuensi bagi sekolah yang tidak melakukannya.

Ditegaskan Ena, kasus yang sangat mengkhawatirkan sudah terjadi dan menimpa siswa didik di lingkungan sekolah. Dia mempertanyakan juga, haruskah pihak sekolah hanya bersikap menunggu hingga penyebabnya terungkap oleh pihak kepolisian.

"Padahal, proses pendidikan seharusnya menjadi ranah para pemangku sekolah yang harus terus diupayakan agar sekolah menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh siswa," kata dia.

Pernyataan ini disampaikan pasalnya peristiwa meninggalnya SN dapat membuat kondisi traumatis bagi siswa yang ada di lingkungan sekolah. Hal ini karena meninggalnya SN diberitakan karena meloncat dari lantai empat gedung sekolahnya.

Menurutnya, kejadian bunuh diri yang dilakukan oleh seorang pelajar di lingkungan sekolah juga sebuah peristiwa yang sangat langka, dan kali ini terjadi di negeri ini.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani