• News

  • Peristiwa

Pemprov DKI Janji Ganti 10 Kali Lipat Ratusan Pohon yang Ditebang di Monas

Kepala Dinas Citata, Heru Hermawanto
Kumparan
Kepala Dinas Citata, Heru Hermawanto

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Rencana revitalisasi kawasan monumen nasional (Monas) menui pro dan kontra. Hal tersebut setelah Pemprov DKI berencana melakukan penebangan terhadap ratusan pohon di pelataran bagian Selatan.

Terkait rencana penebangan ratusan pohon, Dinas Cipta Karya Pertanahan dan Tata Ruang (Citata) DKI berjanji akan mengganti 10 kali lipat pohon yang ditebang itu.

"Mungkin bisa lebih, di sisi parkiran, di pengisian bahan bakar gas akan kami hijaukan," kata Kepala Dinas Citata, Heru Hermawanto di Balai Kota, Selasa (21/1/2020).

Heru mengatakan penebangan pohon tersebut karena area di lapangan silang selatan Monas tersebut akan dijadikan pelataran. Di kawasan tersebut, kata dia, juga akan ditanami pohon kembali.

Menurut Heru, pelataran di sisi Selatan tersebut akan terbuka hingga jalan Merdeka Selatan dan memiliki pintu masuk tersendiri. Dia mencontohkan seperti lapangan Banten yang terbuka hingga ke jalan. "Persis kalau kita lihat Lapangan Banteng," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengawas Kawasan Monas, Endrati Fariani, mengatakan pemerintah telah menanam kembali pohon yang dipindahkan dari kawasan revitalisasi Monas. Namun, Endrati tidak bisa merinci lokasi pemindahan karena baru menjabat sebagai Kesubag TU sejak 13 Januari lalu.

Salah seorang konsultan yang dipanggil Komisi B di lokasi revitalisasi mengatakan pohon yang dipindahkan karena pemugaran Monas, hanya berjumlah 85 batang. Sedangkan sisanya ditebang.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli