• News

  • Peristiwa

Kivlan Zen Kenakan Seragam TNI di Sidang Lanjutan Kasus Senpi Ilegal

Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen
Netralnews.com/Adiel Manafe
Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kasus kepemilikan senjata api(senpi) ilegal dengan terdakwa Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020) dengan agenda melanjutkan pembacaan eksepsi atau nota keberatan dari Kivlan. 

Berdasarkan pantauan di lokasi sidang, Kivlan yang tiba bersama keluarga dan penasehat sekitar Pukul 11.00 WIB, duduk dikursi paling depan menunggu sidang dimulai.

Ada yang menarik dari penampilan Kivlan di sidang kali ini, dimana ia memakai seragam purnawirawan TNI Angkatan Darat (AD) berwarna hijau, lengkap dengan kepangkatan, baret hingga lencana. 

Pada seragam yang dikenakannya, terlihat ada lencana bintang dua di bahu kiri dan kanannya. Lalu, ada label namanya berwarna putih di dada.

Sambil menunggu dimulainya sidang, mantan Kepala Pangkostrad itu sempat menerima swafoto orang-orang yang hadir menyaksikan sidang tersebut. 

Seperti diketahui, Kivlan Zen didakwa telah menguasai senjata api ilegal. Ia disebut telah menguasai empat pucuk senjata api dan 117 peluru tajam secara ilegal.

Ia didakwa dengan dua dakwaan. Dakwaan pertama, Kivlan dinilai telah melanggar Pasal 1 Ayat 1 Undang-undang Darurat Nomor 12/drt/1951 juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Dakwaan kedua yaitu dia didakwa telah melanggar Pasal 1 Ayat 1 Undang-undang Darurat Nomor 12/drt/1951 juncto Pasal 56 Ayat 1 KUHP.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati