• News

  • Peristiwa

UKI Kenalkan Digital Campus dan Internasionalisasi di Jakarta Campus Update 2020

UKI kenalkan digital campus dan internasionalisasi di Jakarta Campus Update 2020.
Dok: UKI
UKI kenalkan digital campus dan internasionalisasi di Jakarta Campus Update 2020.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Universitas Kristen Indonesia (UKI) memperkenalkan diri sebagai Digital and International Campus dalam acara Jakarta Campus Update, yakni Study Program Expo and Digital Promo. Acara tersebut merupakan Pekan Pendidikan Tinggi Jakarta ke-14 sebagai Prospek Tatakelola Pendidikan Tinggi Jakarta 2020-2024.

Kepala Bagian Marketing UKI Liswiyanti Damora mengatakan, Jakarta Campus Update merupakan Education Fair pertama yang diikuti UKI mengawali tahun 2020.

"UKI sudah berdiri selama 66 tahun dan masih menunjukkan eksistensinya. Kami perkenalkan UKI sebagai digital campus dan program Go International," kata Liswi, sapaan akrabnya saat ditemui Netralnews di sela-sela acara, di Exhibition Hall - Gedung Smesco Indonesia, Rabu (22/1/2020).

Kata Liswi, digitalisasi kampus salah satunya ditunjukkan dengan proses pembelajaran digital serta berbagai program untuk mempermudah proses kelangsungan perkuliahan. Sebut saja penggunaan smart card, sistem informasi akademik menggunakan aplikasi, e-certificate kegiatan mahasiswa, dan proses belajar yang menarik oleh para dosen.

"Kalau internasionalisasi, UKI memiliki Kantor Urusan Internasional (KUI) dan sudah bekerja sama dengan beberapa negara, khususnya negara-negara ASEAN, misalnya pertukaran pelajar, dan kami akan segera membuka kelas internasional," jelas dia.

Lebih lanjut Liswi jelaskan ada berbagai macam program menarik yang ditawarkan UKI dalam Jakarta Campus Update kali ini, seperti beasiswa dan potongan harga. Salah satu beasiswa yang dipromosikan adalah Beasiswa Penuh. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata, baik di bidang akademik maupun nonakademik.

"Beasiswa Penuh ini bisa diperoleh bagi calon mahasiswa yang raport semester I hingga V di SMA mendapat nilai rata-rata minimal 8.0. Kalau nonakademik misalnya calon mahasiswa adalah atlet nasional. Selanjutnya ada proses tes dan wawancara," jelas dia.

Disebut Liswi, ada delapan fakultas di UKI, diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Vokasi. Diakui ada tiga jurusan yang menjadi favorit para calon mahasiswa UKI, tiga diantaranya adalah Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, khususnya Hubungan Internasional.

Fakultas Hukum
Memiliki lembaga kemahasiswaan yang mendukung kegiatan ekstra kurikuler seperti Nalar (Seminar, Study Group), Minat dan Bakat (Olahraga), Seni (Paduan Suara, Vocal Group). Selain itu, fakultas mempunyai unit-unit kegiatan mahasiswa yaitu Persekutuan Mahasiswa, Forum Diskusi Ilmiah Mahasiswa, Kelompok Pencinta Alam Himapala C'Mara Buana, Persemu (Peradilan Semu/Moot Court), Pers Mahasiswa “Gema”, Suara Mahasiswa dan masih banyak yang lainnya. Berbagai fasilitas pendukung tersedia seperti pusat bantuan hukum, laboratorium hukum, pusat penelitian hukum dan telah bekerja sama dalam bidang advokasi dengan Dikrimum Polda Metro Jaya. Program Studi: llmu Hukum (S1).

Fakultas Kedokteran

Keunggulan dari FK UKI salah satunya fasilitas yang memadai seperti ruang skill lab yang dilengkapi dengan manekin kedokteran dan fasilitas kedokteran seperti pemeriksaan hsik, kedaruratan, THT, mata, bedah, dan juga laboratorium anatomi, ruang kuliah ampiteater, ruang kuliah datar, perpustakaan serta lab komputer. FK UKI juga memiliki rumah sakit pendidikan (RSU UKI) yang berada di lokasi sekitar kampus dan telah bekerja sama dengan 17 rumah sakit di Jakarta dan luar Jakarta. Program Studi: Pendidikan Dokter (S1).


Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Fakultas yang mendukung kegiatan belajar mengajar dengan tenaga pendidik berkualifikasi S2, S3 dan Guru Besar lulusan dari dalam dan luar negeri, fasilitas lengkap seperti laboratorium komunikasi/studio mini radio, Laboratorium IHI (Ilmu Hubungan Internasional), ASEAN Corner serta lembaga studi/kajian IAS (Institute of Asean Studies) yang bekerja sama dengan CESFAS (Center of Security and Foreign Affairs Studies). Memiliki English Club, Fotograh, Pencinta Alam, Olahraga, Kerohanian dan Studi Eskursi di dalam dan luar negeri. Teori dan praktek Protokol & Tata Krama Internasional, Praktek Diplomatik. serta Diplomatic English yang lengkap agar mahasiswa mampu dalam pergaulan internasional. Bekerja sama dengan universitas negeri, institusi pemerintahan, United Nations Information Centre (UNIC) Jakarta, ICWA (lndonesian Council on World Affairs), lembaga internasional dan para pelaku bisnis internasional yang relevan. Program Studi: Ilmu Hubungan Internasional (S1), llmu Komunikasi (S1), llmu Politik (S1).

Berbagai informasi terkait penerimaan calon mahasiswa baru UKI juga bisa diakses melalui www.uki.ac.id, berbagai sosial media seperti Facebook: pmb_uki, Twitter: kampus_uki, Instagram: uki_1953

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani