• News

  • Peristiwa

Imlek 2571, Fadli Zon: Semoga Mendapat Keberuntungan dan Kebahagiaan

Ibadah Imlek.
Istimewa
Ibadah Imlek.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon lewat akun Twitternya menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2571 yang jatuh pada pada Sabtu (25/1/2020).

Fadli berharap, masyarakat Tionghoa yang merayakan Tahun Baru Imlek mendapat kebahagiaan dan keberuntungan.

"GONG XI FAT CAI. Selamat Imlek bagi yang merayakan. Semoga mendapat keberuntungan dan kebahagiaan," cuit @fadlizon.

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa, dan berakhir dengan Cap Go Me pada tanggal ke-15.

Di Indonesia, masyarakat Tionghoa merayakan Imlek dengan semarak sejak era kepemimpinan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dengan dicabutnya Inpres Nomor 14/1967.

Kemudian Presiden Abdurrahman Wahid menindaklanjutinya dengan mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 19/2001 tertanggal 9 April 2001 yang meresmikan Imlek sebagai hari libur fakultatif (hanya berlaku bagi mereka yang merayakannya).

Lalu, pada 2002, Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur nasional oleh Presiden Megawati Soekarnoputri mulai tahun 2003, sampai sekarang tahun baru IMLEK merupakan hari libur nasional.

Perayaan Tahun Baru Imlek biasanya identik dengan warna merah. Baik itu lampion, amplop, gulungan kertas hingga busana dan pernak pernik lainnya juga berwarna merah.

Dalam Tahun Baru Imlek, terdapat 12 hewan yang mewakili atau menggambarkan kondisi yang akan terjadi di tahun tersebut. Hewan-hewan tersebut yakni Tikus, Sapi, Naga, Ular, Kuda, Harimau, Kelinci, Domba, Ayam, Monyet, Anjing, dan Babi.

Menurut kepercayaan warga Tionghoa tahun baru ini masuk dalam Tahun Tikus Logam setelah di tahun sebelumnya masuk dalam Tahun Babi.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan.H.P