• News

  • Peristiwa

Renovasi Stadion Purnawarman Purwakarta Butuh Dana Rp26 Miliar

Stadion Purnawarman Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Antara
Stadion Purnawarman Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

PURWAKARTA, NETRALNEWS.COM - Renovasi Stadion Purnawarman Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang dilakukan tahun ini diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp26 miliar.

"Renovasi stadion ini menjadi bagian dari tahapan penyelesaian sport center di Purwakarta. Ini sudah direncanakan sejak lima tahun lalu," kata Bupati Purwakarta Ratna Mustika di Purwakarta, Sabtu (1/2/2020).

Menurut dia, detail engineering design (DED) renovasi stadion tersebut sudah dibuat sejak 2017 dan diusulkan ke Pemerintah Provinsi Jabar pada tahun 2018.

Bupati mengusulkan anggaran renovasi stadion ke Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Barat(Jabar), karena dalam DED-nya, anggarannya cukup besar. Jika dimasukkan dalam APBD Purwakarta, dikhawatirkan kegiatan renovasi akan tersendat.

"Tahun ini terlaksana, karena pengusulannya sudah lama, dari tahun 2018. Alhamdulillah bisa diakomodasi kebutuhan anggarannya melalui dana bantuan Provinsi Jabar sebesar Rp26 miliar," kata Anne.

Dengan adanya bantuan anggaran dari Pemprov Jabar, renovasi Stadion Purnawarman Purwakarta tidak akan tersendat. Artinya, tidak ada tahapan-tahapan dalam proses renovasinya.

Sementara itu, Pemkab Purwakarta pada awalnya berencana memindahkan arena sport center ke wilayah utara Purwakarta, namun batal karena hal teknis.

"Pemindahan sport cenrer ke wilayah Bungursari terkendala lahan. Lagi pula, wilayah Bungursari akan dijadikan daerah konservasi alam dan lingkungan serta pertanian dan perkebunan," kata bupati.

 

Editor : Nazaruli