• News

  • Peristiwa

Ahli Imunologi Bantah Pasien yang Sembuh dari Coronavirus Bisa Kambuh

Ahli Imunologi bantah pasien yang sembuh dari Coronavirus bisa kambuh.
Antara
Ahli Imunologi bantah pasien yang sembuh dari Coronavirus bisa kambuh.

EDINBURGH, NETRALNEWS.COM - Seorang Ahli Imunologi di University of Edinburgh, Dr Paul Digard bantah pasien yang sembuh dari Coronavirus bisa kambuh.

Pernyataan ini disampaikan menganggapi Dr Zhan Qingyuan yang mengatakan ada kemungkinan kambuh bagi pasien yang telah pulih dari coronavirus.

"Klaim itu tampaknya sangat tidak mungkin. Ada situasi di mana kambuh terjadi, tetapi mengingat waktu wabah nCoV19, saya pikir tidak mungkin ada bukti kuat untuk mendukung klaim ini," kata Dr Paul Digard, dilansir dari laman Daily Mail, Senin (10/2/2020).

Dr Digard mengatakan alasan orang tidak dapat membangun kekebalan yang tepat terhadap virus flu adalah karena mereka berubah begitu sering sehingga tubuh tidak mengenalinya.

"Sejauh ini, virus nCoV19 telah berubah sangat sedikit. Perubahan apa yang telah terjadi tidak menyarankan adanya perubahan substansial dalam kemampuan tubuh untuk menghancurkannya," jelas dia.

Menurutnya, perlu dicatat juga bahwa untuk flu, skala waktu perubahan yang memungkinkan infeksi ulang diukur dalam tahun, bukan hari.

Untuk diketahui, saat ini telah didiagnosis dengan virus corona di lebih dari 27 negara dan wilayah di seluruh dunia. Sebagian besar kasus, lebih dari 28.000 telah terjadi di Cina, dengan sekitar 250 tempat lain di dunia.

Sebagian besar di antara orang-orang yang bepergian keluar dari Tiongkok dan semua kecuali dua dari 565 kematian telah terjadi di daratan, ditambah satu di Hong Kong dan satu lagi di Filipina.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani