• News

  • Peristiwa

Sekda DKI: JakPro Sudah Mulai Siapkan Infrastruktur Lintasan Formula E

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah.
Jakrev
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta segera menyiapkan pekerjaan konstruksi lintasan Formula E di Kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Pengerjaan konstruksi ini dilakukan setelah adanya izin dari Komisi Pengarah, akhirnya mengizinkan kawasan Monumen Nasional (Monas).

Terkait dimulainya pengerjaan konstruksi, Pemprov DKI meminta maaf kepada masyarakat jika ada gangguan.

"Jadi, beberapa hari ke depan, JakPro sudah mulai melakukan persiapan-persiapan infrastrukturnya, jadi memang harus didetail, tapi nanti kita minta bantuan semua pihak untuk mensosialisasikan ini semuanya bahwa akan ada ajang E Formula di kawasan Medan Merdeka," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota DKI, Selasa (11/2/2020).

"Jadi, kalau ada hal-hal yang terganggu dalam rangka persiapan, kita minta pengertiannya sekaligus mohon maaf karena pasti dalam konstruksi ada hal-hal yang terganggu," lanjutnya.

Menurut Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 1995 tentang Kawasan Medan Merdeka, ada tiga zonasi di Kawasan Medan Merdeka. Tiga zonasi itu adalah Taman Medan Merdeka yang sering disebut dengan area Monas.

Zona Penyangga Taman Medan Merdeka ialah blok di Jalan Medan Merdeka serta Pelindung Taman Medan Merdeka di Jalan H Juanda, Jalan Pos, Jalan Lapangan Banteng; Sungai Ciliwung, Jalan Kebon Sirih; dan Jalan Abdul Muis.

Soal apakah lintasan Formula E 2020 Jakarta akan masuk ke Taman Medan Merdeka, Sekda tidak menegaskan. Dia menyebut detail lintasan akan disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menyeri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno.

"Nanti rutenya akan kami sampaikan ke Mensesneg. Itu nanti dijawab lebih detail akan ada konferensi pers bersama antara Pak Gubernur dan Pak Mensesneg," tutur Saefullah.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli