• News

  • Peristiwa

Pengamat: Dibanding Anies, AHY Lebih Diterima Publik karena Tak Ada ‘Catatan Hitam‘

Pengamat politik Wempy Hadir
Istimewa
Pengamat politik Wempy Hadir

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat politik Wempy Hadir mengomentari pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang memberi sinyal bakal maju di Pilpres 2024 mendatang.

Menurutnya, peluang AHY untuk mengikuti kontestasi politik lima tahunan itu terbuka lebar. Ia menilai, sosok AHY lebih diterima publik ketimbang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga digadang-gadangkan sebagai salah satu kandidat kuat di Pilpres 2024.

Alasan AHY lebih diterima, lanjut Wempy, karena putra Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu tidak memiliki 'catatan hitam' selama berkecimpung di dunia politik.

"Kalau AHY dia tidak punya rekam jejak yang buruk sehingga dia jauh lebih diterima oleh semua kalangan dibanding Anies," kata Wempy kepada netralnews.com, Kamis (20/2/2020).

Sementara Anies, Wempy menyebut jika mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memiliki rekam jejak yang buruk. Dalam hal ini ia menyinggung soal politik SARA di Pilkada DKI 2017 lalu.

"AHY ini tidak punya catatan hitam dalam perpolitikan kita. Kalau Anies,suka tidak suka saya melihat rekam jejak dia buruk di mata mayoritas publik karena Pilkada DKI Jakarta ya," ucap Wempy.

"Anies kan soal Pilgub DKI 2017 tidak bisa dipisahkan bagaimana kapitalisasi isu agama itu sangat kental, sehingga orang melihat bahwa sangat berbahaya kalau Anies masuk ke level yang lebih besar secara nasional," jelasnya.

Selain itu, tambah Wempy, kinerja Anies sebagai Gubernur DKI yang dinilai tidak jauh lebih baik dari pendahulunya, Basuki Tjahaja Purnama (BTP/Ahok), akan membuat Anies sulit diterima mayoritas masyarakat Indonesia jika ia mengikuti Pilpres 2024.

"Dan diperparah lagi dengan kinerja dia yang buruk di Jakarta. Jadi saya kira tingkat penerimaan publik secara keseluruhan Indonesia sangat rendah terhadap Anies," papar Wempy.

"Karena orang belum merasakan Apa yang dibuat yang menjadi pembeda antara dia dan gubernur sebelumnya. Karena yang ingin publik adalah apa yang bisa dia buat untuk DKI Jakarta," pungkasnya.

Sebelumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan akan mempersiapkan dirinya untuk Pilpres 2024. "Saya akan terus mempersiapkan diri untuk 2024 mendatang," kata AHY di Kupang, NTT, seperti dikutip Antara, Selasa (18/2/2020).

AHY mengaku bahwa saat ini dirinya masih fokus menjaring aspirasi masyarakat di seluruh Indonesia dan konsolidasi partai.

"Saya tak ingin berandai-andai. Saya ingin terus mempersiapkan diri untuk melaksanakan tugas-tugas apapun yang Insya Allah akan diembankan kepada saya," jelasnya. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati