• News

  • Peristiwa

DKI Tanam 573 Pohon Baru, Ganti Ratusan Pohon yang Ditebang karena Revitalisasi Monas

Revitalisasi Monumen Nasional (Monas)
Antara
Revitalisasi Monumen Nasional (Monas)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI menyatakan telah menanam sebanyak 573 pohon baru di area Monumen Nasional (Monas). Pohon-pohon baru tersebut meliputi Mahoni, Bungur, Pule, dan Trembesi.

Kepala Seksi Informasi Unit Pengelola Monas, Irfal Guci mengatakan, 573 pohon baru yang ditanam itu sebagai pengganti 191 pohon yang ditebang akibat proyek revitalisasi Monas. Jumlah pohon baru itu merupakan tiga kali lipat dari pohon yang ditebang.

"Sudah ditanami pengganti 191 pohon," kata Irfal, Jumat (21/2/2020).

Irfal mengatakan pohon baru tersebut ditanam di taman-taman Monas, termasuk di area revitalisasi Monas yang berada di taman Merdeka Selatan.

Irfan menyebut pohon baru itu pengganti dari jenis Mahoni, Sawo Kecik, Flodokan Tiang, Trembesi, dan Tabebuya yang beberapa waktu ditebang.

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Seafullah, menyebutkan dinas telah berupaya agar tidak banyak mengorbankan pohon. Namun di lapangan hanya bisa merelokasi 85 pohon yang dipindahkan ke sisi barat dan timur Monas.

Sedangkan 191 pohon lainnya, kata dia, tidak bisa dihindari untuk tidak ditebang. Saefullah pun menyebut akan mengganti tiga kali lipat pohon baru dari 191 yang ditebang di kawasan Monas.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli