• News

  • Peristiwa

Soal Wanita Berenang Bareng Pria Bisa Hamil, Ini Klarifikasi KPAI

Komisioner KPAI Bidang Kesehatan Sitti Hikmawatty
KPAI
Komisioner KPAI Bidang Kesehatan Sitti Hikmawatty

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto angkat bicara terkait viralnya pemberitaan soal pernyataan Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty bahwa perempuan bisa hamil saat berenang  bareng laki-laki meski tidak bersentuhan fisik.

Susanto mengatakan, saat ini pihaknya tengah berusaha mengkonfirmasi kebenaran narasi berita tersebut kepada Sitti.

"Narasi berita tersebut menimbulkan kontroversi di media sosial dan masyarakat. Terkait kebenaran narasi berita tersebut, kami konfirmasi kepada yang bersangkutan," kata Susanto dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (22/2/2020).

Susanto kemudian menegaskan bahwa 
pemahaman dan sikap KPAI tidak seperti narasi dalam berita yang viral tersebut.
"Perlu kami sampaikan bahwa pemahaman dan sikap KPAI tidak sebagaimana narasi berita di media online tersebut. Semoga klarifikasi ini dapat meluruskan kesalahpahaman berita sebagaimana yang beredar," ujarnya.

Sebelumnya, viral di media sosial pernyataan Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty yang menyebut seorang perempuan bisa hamil jika berenang bareng laki-laki, meski tidak bersentuhan fisik. Hal itu karena ada sperma yang sangat kuat.

"Pertemuan yang tidak langsung misalnya, ada sebuah mediasi di kolam renang, ada jenis sperma tertentu yang sangat kuat. Walaupun tidak terjadi penetrasi, tapi ada pria terangsang dan mengeluarkan sperma, dapat berindikasi hamil," kata Sitti kepada TribunJakarta.com, Jumat (21/2/2020).
"Kalau perempuannya sedang fase subur, itu bisa saja terjadi. Kan tidak ada yang tahu bagaimana pria-pria di kolam renang kalau lihat perempuan," jelas Sitti.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani