• News

  • Peristiwa

70 Tahun Tak Pernah Kebanjiran, Warga Pisangan Baru Kini Terdampak

 70 tahun tak pernah kebanjiran, warga Pisangan Baru kini terdampak.
WAG
70 tahun tak pernah kebanjiran, warga Pisangan Baru kini terdampak.

JAKARTA, NETRALENWS.COM - Selama tinggal di Pisangan Baru III 70 tahun, H.Ny. Ulia tak pernah merasakan rumahnya kebanjiran. Kini dengan derasnya air hujan yang terjadi sejak pukul 2.00, berdampak pada genangan air di teras rumahnya.

Bahkan, tetangga lainnya yang masih juga satu RT air semata kaki masuk ke rumahnya. Sunining yang tinggal di Pisangan Baru III RT10/07 bahkan baru kali ini mengalami kebanjiran. Meski air yang mask semata kaki. “Tapi tetap saja bersih-bersihnya capek,” ujarnya.

Namun menurut seorang warga Soraya, mengatakan dampak banjir di lingkungannya karena adanya got yang ditutup dengan tanah. "Depan rumah ibu saya seluruh gotnya tertimbun tanah, bagaimana air mau lewat. Siapa yang bertanggung jawab mengembalikan fungsi got seperti semula," tandasnya.

Lurah Pisangan Baru Sugihastuty menjelaskan, banjir kali ini memang merata. Menurutnya,  masalahnya kali Utan Kayu yang nembus ke Pramuka tidak bisa menampung debet air

“Maaf bu, memang bukan hanya di Pisangan Baru, tetapi semua wilayah hampir menyeluruh terkena dampak,” ujar Sugihastuty, pada Netralnews, Minggu (23/2/2010).

Sugihastuty menambahkan  PPSU sejak pagi sedang menyisir dan membantu warga yang rumah nya kena terdampak

“Kondisi saat ini memang harus disikapi bersama, ada kolaborasi antara pemerintah dengan para pengurus RT, RW & Masyarakat nya,” tutur Sugihastuty.

Dia menambahkan, “Saya sudah menghimbau kepada masyarakat melalui ketua RT RW untuk melakukan pembuatan lubang resapan biopiri, ini upaya awal, untuk mengantisipasi terjadinya genangan di wilayah masing-masing apabila adanya lubang resapan biopori, sedikit tidaknya air bisa meresap langsng ke bawah tanah.”

Editor : Sulha Handayani