• News

  • Peristiwa

Tak Hadir Menerima Donasi, Wabup Kupang: Orientasi Proyek, Tak Pantas Jadi Kepala Sekolah

Wakil Bupati (Wabup) Kupang, Jerry Manafe
foto: antara
Wakil Bupati (Wabup) Kupang, Jerry Manafe

OELAMASI, NETRALNEWS.COM - Wakil Bupati (Wabup) Kupang, Jerry Manafe, mengaku geram terhadap oknum Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Raknamo di Kecamatan Amabo Oefeto, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, yang dinilai menunjukkan perilaku tidak menghargai bantuan perbaikan sekolah tersebut  dari pihak di luar pemerintah.

"Saya sangat sesalkan Kepala Sekolah SDI Raknamo menunjukkan sikap tidak terpuji dengan tidak hadir menerima donatur dari TX Foundation yang datang meresmikan perbaikan sekolah itu," kata Jerry Manafe di Oelamasi, Rabu (26/2/2020).

Dia menyampaikan hal itu setelah mengetahui kepala sekolah SDI Raknamo tidak menghadiri acara penerimaan kunjungan Lembaga Amal Tzu Xing (TX) Foundation selaku donatur didampingi fasilitator dari YAPPIKA-ActionAid dan Bengke APPeK untuk meresmikan bantuan perbaikan sekolah tersebut pada Senin (24/2/2020).

Wabup Jerry Manafe mengatakan, telah menerima laporan terkait hal itu dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Imanuel Buan, yang hadir mewakili pemerintah kabupaten dalam acara peresmian tersebut.

"Kalau kepala sekolah seperti itu yang orientasinya proyek dan tidak menghargai tamu maka tidak pantas jadi kepala sekolah," katanya menegaskan.

"Saya pikir kita copot saja orang seperti itu, karena ini orang jauh-jauh datang dari luar membantu kita tapi tidak menghargai, apalagi juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan turun mewakili Bupati," katanya.

Dia mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan mendatangi SDI Raknamo terkait persoalan tersebut. Menurut dia, peristiwa ini menjadi catatan untuk semua kepala sekolah di kabupaten setempat agar tahu berterima kasih terhadap suatu bantuan.

Selain itu, dia juga mengingatkan agar para kepala sekolah tidak menjadikan dana sekolah untuk kepentingan pribadi atau berorientasi pada proyek terhadap setiap upaya pembangunan sekolah.

"Kepala sekolah harusnya bergandeng tangan dengan guru-guru, komite, dan orang tua murid sehingga ada pekerjaan pembangunan sekolah bisa mendapat hasil yang bagus," katanya dinukil Antara.

Untuk diketahui, SDN Raknamo merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Kupang yang mendapat bantuan perbaikan dari Lembaga Amal TX Foundation Taiwan, selain tiga SD lainnya yakni SDN Dendeng di Kecamatan Kupang Tengah, SDN Onitua di Kecamatan Kupang Barat, SDN Bimous di Kecamatan Amarasi Timur.

Bantuan yang diberikan berupa perbaikan dan pembangunan baru ruangan kelas, serta unit kesehatan sekolah dan toilet dengan total nilai lebih dari Rp1,5 miliar yang semuanya dikerjakan secara swakelola oleh pihak sekolah bersama masyarakat setempat

Editor : Taat Ujianto