• News

  • Bisnis

Harga Bawang Putih di Pontianak Kembali Alami Kenaikan

Bawang Putih
Faktualnews
Bawang Putih

PONTIANAK, NETRALNEWS.COM - Harga bawang putih di Kota Pontianak naik lagi seperti terpantau di Pasar Flamboyan, dalam seminggu sebelumnya hanya Rp35.000 per kilogram dan kini mencapai Rp38.000 per kilogram.

"Beberapa hari ini harga bawang putih yang saya pesan dari China saat ini mengalami kenaikan dari seminggu sebelumnya. Harga sebelumnya berkisar Rp35.000 kini menjadi 38.000 per kilogram," ujar salah satu pedagang di Pasar Flamboyan, Indra di Pontianak, Rabu (26/2/2020).

Bawang putih yang dipesan selalu dari China karena bawang dari negara tersebut sudah resmi dan ukuran bawang lebih besar dibanding negara lain.

Indra juga menambahkan, untuk harga cabe kering saat ini juga mengalami kenaikan lagi dari seminggu lalu, dari Rp80.000 menjadi Rp.85.000 per kilogram.

Begitu juga bawang merah saat ini masih tinggi yakni Rp33.000 per kilogram.

Sementara itu untuk komoditas lainnya yang naik yakni ikan tongkol. Satu di antara pedagang ikan, Andri menerangkan untuk harga ikan tongkol saat ini mengalami kenaikan lagi, seminggu lalu dari Rp18.000 kini menjadi Rp30.000 per kilogram. Ikan dipesan dari Kalimantan Tengah.

"Seminggu sebelumnya, harga ikan tongkol Rp18.000 kini menjadi Rp30.000 per kilogram," ungkapnya.

Harga ayam ras saat ini juga masih tinggi yakni Rp31.000 per kilogram. Harga ayam terbilang normal di Pasar Flamboyan di bawah Rp25.000 per kilogram.

Sementara untuk harga pangan lainnya di Pasar Flamboyan saat ini masih stabil seperti sayuran, daging sapi dan komoditas lainnya.

Satu di antara pembeli, Beti menyebutkan harga barang - barang saat ini mulai naik. Dengan harga naik tentu membuat pengeluaran akan semakin bertambah.

"Kita berharap pemerintah cek di lapangan apa masalahnya sehingga harga naik. Jangan sampai ada permainan harga. Kalau faktor cuaca dan lainnya masih kita maklumi," katanya.

Editor : Nazaruli