• News

  • Peristiwa

Kepala BKN Apresiasi SKD CPNS Berbasis CAT di Kemendes PDTT, Ini Alasannya

Kepala BKN apresiasi SKD CPNS berbasis CAT di Kemendes PDTT.
Humas Kemendes
Kepala BKN apresiasi SKD CPNS berbasis CAT di Kemendes PDTT.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Hana Wibisana melakukan peninjauan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT), Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Dia mengapresiasi pelaksanaan yang digelar di Kemendes telah berjalan lancar, tertib dan kondusif. Bima juga mengapresiasi terkait fasilitas yang disediakan dan pelayanan yang diberikan oleh Kemendes PDTT kepada peserta SKD berbasis CAT.

Menurutnya, fasilitas yang disediakan Kemendes LDTT sudah sangat memadai, sangat teratur, sistemnya juga sudah dibuat dengan baik. Tinggal pelaksanaannya yang seringkali muncul masalah kecil.

"Ada yang terlambat datang, ada yang ketinggalan KTP dan lainnya. Namun, kita coba akomodasi sebisa mungkin, karena mereka adalah warga negara yang ingin mengabdi pada negara," katanya, Rabu (26/2/2020).

SKD berbasis CAT dalam seleksi CPNS di Kemendes PDTT diikuti oleh 10.021 peserta. Adapun lokasi penyeleksiannya dibagi dua lokasi yakni di Kantor Kemendes PDTT sebanyak 5.021 dan di kantor BKN sebanyak 5.000 peserta.

"Dijadwalkan untuk di kantor Kemendes PDTT pada (26/2/2020) dan (27/2/2020). Untuk di BKN dijadwalkan pada Jumat (28/2/2020) hingga senin (1/3/2020). Jadi dua hari di Kantor Kemendes PDTT dan tiga hari di Kantor BKN," kata Kepala Bagian Kepegawaian Setjen Kemendes PDTT Aditya Hendra Krisna.

Lebih lanjut, Aditya menyebutkan bahwa alokasi formasi CPNS di Kemendes PDTT sebanyak 230 CPNS. Sehingga, dalam tahapan penyeleksiannya, setelah SKD CAT akan diambil sebanyak 690 peserta untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Sebanyak 690 peserta yang lolos SKD berbasis CAT akan mengikuti SKB berupa psikotes dan wawancara. Kami berharap, proses penyeleksian hingga akhir berjalan lancar, tertib dan kondusif," katanya.

Terkait fasilitas yang disediakan, Aditya menyebutkan bahwa Kemendes PDTT telah menyediakan sejumlah fasilitas diantaranya yakni fasilitas pusat informasi, penitipan barang, menyiapkan ruang registrasi, ruang sterilisasi sebelum masuk ruang CAT. Bahkan juga m
enyediakan WC umum, tenaga medis, ambulance.

"Kita berusaha melayani para peserta semaksimal mungkin agar para peserta merasa kita memerlukan mereka. Bukan mereka mencari pekerjaan. Negara memang membutuhkan para warganegara untuk bisa berbakti pada nusa dan bangsa," katanya.


Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani