• News

  • Peristiwa

Terkait Banjir, Pengamat: Sekda DKI Layak Diberi ‘Pekok Award 2020‘

Pengamat politik dari President University, Muhammad AS Hikam
BreakingNews
Pengamat politik dari President University, Muhammad AS Hikam

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat politik dari President University, Muhammad AS Hikam menilai, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah layak dianugerahi 'Pekok Award 2020.'

Hal tersebut disampaikan AS Hikam mengomentari pernyataan Saefullah yang meminta warga Jakarta 'menikmati saja' banjir yang terjadi hampir setiap musim penghujan.

Menurut AS Hikam, pernyataan Sekda Saefullah sangat arogan dan tidak bertanggung jawab.

“Sekda DKI bilang soal banjir Jakarta 'dinikmati saja.' Hemat saya, ucapan seperti itu tak bertanggung jawab dan arogan luar biasa,” kata Hikam, Kamis (27/2/2020).

“Layak diberi Pekok Award 2020,” tulis mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi era Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Sebelumnya, Sekda DKI Jakarta Saefullah membela Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menuai kritik dari berbagai pihak atas banjir yang terjadi di Ibukota.

Saefullah mengatakan, banjir di Jakarta merupakan hal yang biasa terjadi setiap tahunnya dan bukan hanya di era Anies memimpin Ibukota.

"Tidak ada satupun gubernur yang luput di masanya dari banjir. Artinya setiap tahun di musim banjir, pasti banjir," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Apalagi, lanjutnya, banjir tidak hanya terjadi di Jakarta, tapi juga di sejumlah daerah seperti Provinsi Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Karenanya, ia menyebut kondisi banjir ini dinikmati saja.

"Pulau Jawa dari Banten ada Tangerang-nya, Jakarta, Bogor (di) Jawa Barat di berbagai kotanya, Jawa Tengah di berbagai kotanya, Jawa Timur di berbagai kotanya juga ada banjir itu. Jadi dinikmati saja," ujar Saefullah.

"Itu kan soal manajemen air. Tubuh kita 2/3 persen air. Sering keluar air banyak, kepala, atau mana, air mata aja harus ada manajemen," pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli