• News

  • Peristiwa

Kabar Mendagri Terinfeksi Corona Ternyata Hoax, Begini Faktanya

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.
Kemendagri
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Beredar kabar palsu atau hoax soal Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan istrinya Tri Suswati yang disebut terinfeksi virus corona karena mendatangi RS Persahabatan Jakarta. Padahal, faktanya berbeda jauh.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar menegaskan bahwa atasannya dan istrinya itu dalam keadaan sehat walafiat.

"Bapak Mendagri dan ibu, Alhamdulilah saat ini dalam kondisi sehat walafiat dan tidak benar apabila ada informasi bahwa beliau sakit, mari kita lawan hoaks," kata Bahtiar dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (15/3/2020).

Ia mengungkapkan bahwa Mendagri dan Istri beraktivitas seperti biasa. Mereka menghadiri acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-48 di Posyandu Dakura X, Perumnas Bumi Telukjambe Blok F, Desa Sukaluyu Kabupaten Karawang, Sabtu pagi.

Lalu, kata Bahtiar, Mendagri juga beraktivitas seperti biasa dalam keadaan sehat walafiat menghadiri acara Kick Andy Heroes Award di Metro TV.

Dikatakannya, setiap informasi yang tidak jelas sumbernya terkait kesehatan Mendagri harus dicek dengan baik kebenarannya dan mengajak semua pihak untuk lebih hati-hati dalam mengantisipasi setiap informasi yang sifatnya hoaks.

Senada dengan itu, Staf Khusus Menteri Dalam Negeri, Kastorius Sinaga, membenarkan Karnavian dan istri masih sehat walafiat.

Ia mengaku harus membenarkan kabar palsu yang beredar karena banyak mendapat pertanyaan dari wartawan dan juga dari rekan-rekannya yang menanyakan kebenaran kabar tersebut.

"Tidak benar bila Pak Tito terkena virus Corona dan dirawat di RS Persahabatan (salah satu RS rujukan untuk penderita virus Corona atau covid 19)," kata Sinaga dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa yang sebetulnya adalah Karnavian berkunjung ke RS Persahabatan dalam rangka melayat kepada keluarga almarhum Ketua Pusat Pelaporan Analis dan Transaksi Keuangan (PPATK), Ki Agus Ahmad Badaruddin.

"Mendagri menginformasikan ke saya lewat whatsapp bahwa beliau hendak takziah ke almarhum Ketua PPATK, Ki Agus Ahmad Badaruddin. Almarhum adalah sahabat dan juga dipandang oleh Mendagri sebagai senior," kata Sinaga.

Dalam rangka itulah mobil dinas Karnavian dengan nomor registrasi B 21 terparkir di lobi pintu masuk RS tersebut dan dipotret sehingga muncul spekulasi dia dirawat di rumah sakit itu.

Editor : Irawan.H.P