• News

  • Peristiwa

Di Tengah Wabah Corona, Gubernur Anies: Saya Tak Kuasa Bendung Warga untuk Mudik

Ilustrasi mudik massal.
Ayo Cirebon
Ilustrasi mudik massal.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku, pihaknya tidak kuasa untuk membendung warga melakukan mudik pada bulan Ramadan nanti. Alasannya, karena DKI Jakarta belum punya landasan hukum untuk melarang warga tidak mudik.

Kendati demikian, Anies mengimbau agar warga Jakarta tidak melakukan perjalanan pulang kampung tahun ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia.

"Jadi, pertama mengenai pembatasan ada kewenangannya. Nanti kita bicarakan sama-sama dengan gugus tugas, langkah hukum apa yang bisa kita lakukan supaya ada dasar kuat," kata di Balai Kota dalam video yang disiarkan secara langsung, Kamis (26/3/2020).

"Kita di DKI secara imbauan. Saya sudah sampaikan dua minggu lalu jangan pulang kampung," ungkapnya

Anies mengatakan bahwa hal itu harus dilakukan demi mencegah meluasnya virus corona ke daerah lain karena persebaran virus corona di Jakarta yang kian hari kian banyak.

"Jangan tinggalkan jakarta demi kebaikan seluruh masyarakat, kita bukan mikirkan diri sendiri tapi seluruh masyarakat," lanjutnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta per 24 Maret 2020 ada 427 kasus pasien posirif corona dan 32 diantaranya meninggal dunia. 

Catatan itu sekaligus menegaskan bahwa DKI Jakarta adalah provinsi dengan jumlah pasien positif terbanyak di Indonesia.

Editor : Widita Fembrian