• News

  • Peristiwa

Yurianto Sebut 150 Orang Sembuh Corona Jadi Kebal, Roy Suryo: Jangan Sebar Hoax

Mantan politisi Partai Demokrat Roy Suryo.
NNC/Adiel Manafe
Mantan politisi Partai Demokrat Roy Suryo.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto pada Sabtu (4/4/2020) melaporkan, total penderita positif corona di Indonesia berjumlah 2.092 orang.

Meski jumlah penderita positif bertambah, Yurianto mengatakan, ada hal yang menggembirakan dari tim medis. Tim medis telah berhasil memulihkan sebanyak 150 orang yang tadinya positif corona.

"Kita bersyukur mereka yang sudah sembuh kini kondisi bagus, dan tidak perlu dikhawatirkan menularkan penyakit, mereka telah sembuh dan diyakini memiliki imunitas dan kekebalan terhadap corona," kata Yurianto saat Konferendi Pers virtual.

Membaca informasi tersebut, Pemerhati Public Health Roy Suryo angkat bicara. Menurutnya, statemen Jubir Corona Sesdirjen Kementerian Kesehatan tersebut harus dikaji ulang, karena meski presentasenya kecil tapi Penyintas Covid-19 menurutnya terbukti masih bisa tertular kembali.

"Mohon lebih cermat & Jangan sebar PHP / HoaX mending Fokus utk mempersempit Wilayah Penyebaran SARS-CoV-2," cuit Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Kabinet Indonesia Bersatu II di akun resmi Twitternya, Minggu (5/4/2020).

Melalui unggahannya, Pakar Telematika ini juga menyertakan sebuah artikel contoh kasus. Artikel dari media mainstream tersebut menuliskan bahwa ada 10 persen pasien Covid-19 di Wuhan, China yang kembali terinfeksi setelah dinyatakan sembuh.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P