• News

  • Peristiwa

Hasil Rapid Test Ulama di Jabar Semua Negatif, Tengku Zul:Semoga Allah Jaga Semua Ulama

Tengku Zulkarnaen.
PA 212
Tengku Zulkarnaen.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah gencar melakukan rapid test. Pemprov Jabar total menyebar 63.120 RDT ke 27 kabupaten/kota, instansi pemerintah, dan institusi pendidikan, termasuk tes untuk kalangan ulama.

Menurut Sekretaris yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Daud Achmad, semua hasil tes cepat kepada ulama, kiai, ustadz, dan ustadzah di Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya pada Selasa (7/4) adalah negatif.

“Minggu ini masih akan berlanjut terutama untuk pesantran-pesantren di zona merah. Kita masih terus mendata pesantren mana yang akan diperiksa,” katanya seperti dilansir dari Republika.

Hasil itu sangat disyukuri oleh Ustad Tengku Zulkarnain. Mantan Wakil Sekjen MUI itu mengucapkan Alhamdulillah sembari mendoakan seluruh ulama di Indonesia agar dijaga oleh Allah SWT dari virus corona.

"Hasil Rapid Test Covid 19, semua Ulama di Tasimalaya, Jawa Barat Negatif Virus Corona.
Alhamdulillah.

Semoga Allah jaga semua Ulama, Kiyai, Ustadz, Ustadzah, Da'i, Pengurus Masjid, di seluruh Indonesia. Amin... ," kata Tengku Zul di akun Twitternya, Kamis (9/4/2020).

Sementara itu, Daud Achmad mengatakan jumlah orang yang positif corona di Jabat berpotensi berubah drastis. Mengingat belum seluruh daerah melaporan hasil tes.

"Artinya, masih ada sekitar 41 ribu RDT yang belum dilaporkan hasilnya," ujar Daud.

Pelaksanaan RDT Covid-19 secara masif sendiri, kata dia, bertujuan untuk memetakan persebaran dan memutus mata rantai penyebaran. Hasil tes masif akan menjadi landasan Pemda Provinsi Jabar dalam mengambil keputusan.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani