• News

  • Peristiwa

Terlantar di Stasiun Manggarai, Sejumlah Penumpang KRL Sempat Emosi dan Kebingungan

Puluhan penumpang memprotes ketiadaan kereta tujuan Bekasi sebelum berakhirnya jam operasional
Antara
Puluhan penumpang memprotes ketiadaan kereta tujuan Bekasi sebelum berakhirnya jam operasional

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara perdana pada jadwal pemberangkatan kereta rel listrik (KRL) memicu kebingungan penumpang di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat sore.

"Kereta dari Bogor tujuan Stasiun Bekasi habis pukul 17.14 WIB, padahal ketentuan PSBB jam 18.00 WIB," kata penumpang tujuan Bekasi, Fergi Maulidya (27) di Jakarta, Jumat (10/4/2020). 

Puluhan penumpang memprotes ketiadaan kereta tujuan Bekasi sebelum berakhirnya jam operasional sesuai ketentuan PSBB.

Peristiwa itu memicu protes puluhan penumpang tujuan Bekasi di Stasiun Manggarai, menuding operator tidak konsisten pada aturan pemerintah.

Perempuan warga Kota Bekasi, Jawa Barat, itu baru saja pulang dari tempat kerja di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Jadi tadi saya dari Pasar Minggu, jam 16.30 WIB, sampai di Stasiun Manggarai jam 17.30 WIB, tapi kereta yang ke arah Bekasi sudah habis. Terakhir operasional jam 17.14 WIB," katanya.

Puluhan penumpang dengan tujuan Bekasi, kata dia, telantar di Stasiun Manggarai karena kereta dari arah Bogor lama sampai di stasiun.

Sejumlah penumpang sempat emosi dan memprotes operator stasiun.

Penumpang pun mendatangi ruang informasi stasiun untuk menanyakan kepastian jadwal pemberangkatan ke Bekasi.

Menurut keterangan salah satu petugas Stasiun Manggarai, jadwal PSBB pada pukul 18.00 WIB dihitung berdasarkan waktu tiba kereta di Stasiun Bekasi.

"Jam 18.00 WIB itu estimasi waktu hingga ke tempat tujuan akhir (Stasiun Bekasi)," katanya.

Dihubungi secara terpisah Humas PT KCI Anne Purba mengatakan KRL dari Stasiun Manggarai tujuan Bekasi tiba pukul 17.14 WIB.

"Lewat Stasiun Cakung pukul 18.00 WIB. Kalau setiap stasiun harus pukul 18.00 WIB tidak mungkin," katanya.

Mengingat saat ini masih tahap sosialisasi, kata Anne, pihaknya Jumat ini memberangkatkan tiga rangkaian KRL, satu rangkaian ke Bekasi dan satu rangkaian ke Bogor.

"Agar penumpang yang sudah di Manggarai bisa naik," katanya seperti dikutip dari Antara. 

Anne menambahkan PT KCI selalu memberikan informasi pemberangkatan kereta terakhir melalui aplikasi Twitter dan KAI Access juga pengumuman langsung di setiap stasiun.

Editor : Nazaruli