• News

  • Peristiwa

Prakerja Gandeng Ovo, Wasekjen Demokrat: Ini Negara Baik Banget Sama Perusahaan Startup

Wasekjen partai Demokrat Rachlan Nashidik.
Nusantara
Wasekjen partai Demokrat Rachlan Nashidik.

JAKARTA, NETRALNEWS. COM - Wasekjen partai Demokrat Rachlan Nashidik menyindir pemerintah yang meluncurkan kartu pra kerja hanya menguntungkan perusahaan startup serta perbankan semata.

Menurut Rachlan semua penyaluran anggaran hingga belasan triliun bakal menguntungkan mereka.

Hal itu diungkapkan Rachlan melalui akun resmi twitternya @RachlanNashidik seperti dilansir, Jakarta, Senin (13/4/2020).

"Ini negara baik banget sama perusahaan Startup. Disediakan Rp 5.6 Triliun agar rakyatnya belanja (pelatihan) online. Disiapkan juga lebih dari 13 Triliun untuk rakyat, yang selain melalui Bank, sebagian disalurkan melalui perusahaan fintech," 
#KartuPrakerja

Pada cuitan lainnya, Rachlan juga meminta pihak-pihak terkait program pra kerja ditidiakan serta penyaluran hanya dilakukan bank pelat merah.
"Usul, Pak @jokowi

1. Pelatihan prakerja ditiadakan. Duit total Rp.20 Triliun ditransfer untuk kebutuhan hidup rakyat. Multiplier effect-nya akan menggerakkan roda ekonomi.
2. Mitra pembayaran cukup Bank pemerintah, khususnya BRI, yang mencapai desa. Agar moral hazzard rendah,"

Seperti diketahui, program Kartu Prakerja secara resmi diluncurkan sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kompetensi kerja, produktivitas, dan daya saing serta mengembangkan jaring pengaman sosial selama pandemi COVID-19.

OVO, platform pembayaran digital terkemuka di Indonesia, menjadi mitra resmi uang elektronik, bersama dengan bank milik negara, BNI. Pemerintah juga menggandeng 8 mitra resmi lainnya untuk platform digital seperti, Tokopedia dan RuangGuru. 


Kartu Prakerja diprioritaskan bagi para pencari kerja dan pekerja serta pelaku usaha mikro dan kecil, dengan tujuan menekan angka pengangguran di Indonesia, terlebih di situasi sulit saat ini akibat pandemi COVID-19.


Reporter : PD Djuarno
Editor : Sulha Handayani