• News

  • Peristiwa

15 Juta Data Pengguna Tokopedia Ditenggarai Bocor, Ini Tips Aman dari Pakar Telematika

Pakar Telematika Roy Suryo
Grid
Pakar Telematika Roy Suryo

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pakar Telematika Roy Suryoangkat bicara terkait adanya peretas yang berhasil membongkar keamanan Situs Online terbesar Indonesia Tokopedia. Ditenggarai, hacker mempublikasikan 15 juta data penggunanya. 

Kata Roy Suryo, pembobolan tersebut dilakukan Maret 2020 lalu dan data-data pengguna Tokopedia dijual dengan nilai sampai dengan US$ 5000 di DarkNet.

Unicorn ini sendiri didirikan tahun 2006 dengan memiliki lebih dari 91 juta pelanggan terdaftar dan 7 juta pedagang. Kini Tokopedia juga sudah menggunakan fitur One Time Password (OTP).

"Maka sebaiknya segera ganti password ya," cuit Roy Suryo, Minggu (3/5/2020).

Imbauan ini disampaikan Roy Suryo, pasalnya data-data yang disebar adalah Dump database PostgreSQL. Itu berisi nama lengkap, e-mail, telepon, kata sandi hash, tanggal lahir dan detail profil di Tokopedia. Itu terkait dengan tanggal akun, login terakhir, kode aktivasi email, lokasi, hobi, pendidikan, dan sebagainya.

"Namun apakah cukup dengan pengguna ganti password? Bagaimana dengan data-data pribadi yang sudah telanjur disebar?," tanya politisi ini.

Menurut PP Nomor 71/19 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, maka Tokopedia bisa terkena teguran tertulis, denda administratif, penghentian sementara dan seterusnya.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli