• News

  • Peristiwa

Fadli Zon: Pak Kivlan Zen Korban Kriminalisasi Waktu Pilpres, Bebaskan!

Fadli Zon desak pemerintah babaskan Kivlan Zen.
Go Politik
Fadli Zon desak pemerintah babaskan Kivlan Zen.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengoentari kasus kepemilikan senjata api ilegal yang menjerat Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen. Menurutnya, Kivlan korban kriminalisasi waktu Pilpres 2019.

"Menurut saya Pak Kivlan korban kriminalisasi pada waktu pilpres. Ada kesan seperti dicari-cari kesalahannya," tulis Fadli di akun Twitternya, Rabu (6/5/2020).
Karenanya, Fadli meminta agar mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat itu dibebaskan. Ia menyebut, Kivlan telah banyak berjasa bagi bangsa dan negara ini.

"Ia banyak berjasa bagi bangsa dan negara. Bebaskan Mayjen TNI Purn Kivlan Zen," tegas @fadlizon.

Seperti diberitakan, Kivlan Zen didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas kepemilikan empat senjata api dan 117 peluru tajam.
Perbuatan Kivlan dianggap melanggar Pasal 1 ayat (1) UU Nomor 12/drt/1951 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP atau Pasal 1 ayat (1) UU Nomor 12/drt/1951 jo pasal 56 ayat (1) KUHP.

Dalam sidang pembacaan eksepsi atau nota keberatan pada (22/1/2020) lalu, Kivlan meminta majelis hakim membebaskan dirinya dari perkara tersebut. Ia merasa dakwaan yang telah disusun JPU tidak cermat, tidak jelas dan tidak lengkap.

Namun, dalam sidang lanjutan yang digelar Selasa (5/5/2020) dengan agenda pembacaan putusan sela, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menolak eksepsi yang diajukan Kivlan. 


Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani