• News

  • Peristiwa

Kisruh PAN, Netizen Berikan Saran Kocak agar Kubu Amien Rais Kembali Kuat

Amien Rais
foto: liputan6.com
Amien Rais

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Peneliti Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti menilai bukan tidak mungkin Amien Rais meninggalkan PAN dan membentuk partai baru. Apalagi setelah putranya, Hanafi Rais, keluar dari PAN sehingga kekuatan Zulkifli Hasan akan semakin mendominasi sementara kekuatan Amien melemah.

Berita tersebut menjadi perhatian banyak warganet. Akun Facebook @Supriyanto, Jumat (8/5/2020) membagikan tautan dan berkomentar: Tinggal tulang sama kentut kale ya..? Makin terlihat kekuatan Amien Rais sebagai tokoh sentral melemah

Bahkan ada netizen yang memberikan saran kocak agar partai barunya bisa sukses.

@Yusuf Prasetyo: Klau mau sukses partai barunya? Jln kaki dulu jojgja-jkt ..

@Toni Cengkring: Sudahlah min..momong cucu saja, malah berkah dan hidayah....

@Cucu Uti: Mbah hutang nya belum di bayar.. Jalan kaki dulu ke jkt.

Sebelumnya dilansir Mediaindonesia.com, Aisah Putri Budiarti menilai Zulkifli Hasan akan semakin mendominasi. Keluarnya Hanafi memperlihatkan kegagalan PAN melakukan konsolidasi pasca-Kongres V yang memecah dua kubu.

Fraksi antara kelompok pemenang yaitu Zulkifli Hasan dan kelompok yang kalah Mulfachri Harahap yang didukung Amien Rais, terus berlanjut.

"Perpecahan ini meninggalkan kubu Zulhas di dalam PAN, dan kubu Rais keluar partai. Kemudian, dengan keluarnya Hanafi dari pengurus PAN, menguatkan posisi Zulkifli Hasan di PAN. Makin terlihat kekuatan Amien Rais sebagai tokoh sentral melemah," ujar Aisah, dalam keterangan tertulisnya.

Dengan kondisi itu, sangat mungkin Amien Rais menyusun strategi ke depan. Salah satunya dengan membuat partai baru. Apalagi kelompok loyalis Amien Rais masih kuat di internal partai.

"Serta, masih ada peluang bagi partai yang berada di posisi oposisi murni yang dapat merebut suara dalam Pemilu 2024. Sangat mungkin, kubu Rais berstrategi membentuk partai baru," tutur Aisah.

Editor : Taat Ujianto