• News

  • Peristiwa

Kemensos Ungkap Keadaan NF, Remaja Hamil yang Bunuh Bocah 5 Tahun

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat
AyoSemarang
Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat ungkap keadaan NF (15). Dia adalah remaja putri yang melakukan kekerasan pembunuhan terhadap anak berusia 5 Tahun dan diketahui tengah mengandung. 

Setelah menjalani pemeriksaan fisik dan psikologis di Rumah Sakit Polri Jakarta Timur, terungkap bahwa NF juga menjadi korban kekerasan seksual oleh 3 orang terdekatnya hingga kini hamil 14 minggu.

Saat ini NF telah dirujuk ke Balai Anak “Handayani” di Jakarta. Di Balai milik Kemensos tersebut. NF mendapatkan layanan rehabilitasi sosial sambil menunggu proses peradilan. 

Hak NF sebagai Anak Tetap Dipenuhi

NF berada dalam dua posisi sekaligus, yaitu sebagai pelaku pembunuhan dan menjadi korban kekerasan seksual. 

"Kasus kedua juga perlu diselidiki untuk mendapatkan kesimpulan logis mengapa anak ini melakukan tindak kekerasan," kata Harry, seperti dalam keterangan tertulis yang Netralnews terima, Kamis (14/5/2020).

Di sisi lain, Harry menegaskan,  pentingnya memenuhi hak NF sebagai anak yang membutuhkan perlindungan khusus.

Sejalan dengan hal tersebut, pekerja social dan psikolog Handayani telah melakukan beberapa terapi kepada NF. Saat ini, kondisi NF sudah menunjukkan perubahan kearah yang lebih baik, secara fisik, psikis, sosial dan spiritual. 

Kondisi fisiknya tampak sehat dan sudah mampu menjaga kebersihan diri. Secara sosial, NF mulai terbuka dengan petugas untuk menceritakan permasalahannya dan merasa nyaman berada di balai.

"NF bahkan meminta untuk tetap berada di Balai Anak "Handayani" Jakarta dan ingin mengurus sendiri anaknya setelah lahir," kata dia.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati