• News

  • Peristiwa

SoKoPeL Ajak Komunitas Pemulung Bangkitkan Kepedulian terhadap Lingkungan

Dewan Pembina SoKoPeL August Hamonangan (baju putih) bersama pengurus SoKoPeL bersilaturahmi dengan pengurus IPI Jaksel.
Istimewa
Dewan Pembina SoKoPeL August Hamonangan (baju putih) bersama pengurus SoKoPeL bersilaturahmi dengan pengurus IPI Jaksel.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional, Solidaritas Korban Pelanggaran Lingkungan (SoKoPeL) bersilaturahmi dengan anggota Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) Jakarta Selatan. SoKoPeL mengajak IPI untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan melawan perusak lingkungan.

Dengan dipimpin langsung oleh Dewan Pembinanya, August Hamonangan, pengurus SoKoPeL menyambangi Sekretariat IPI Jaksel yang berlokasi di Jalan Pancoran Buntu ll, RT 06 RW 02, Rabu (20/5/2020). Hadir juga Ketua SoKoPeL Iskandar Sutadisastra dan beberapa pengurus lainnya.

August Hamonangan yang juga anggota DPRD DKI Fraksi PSI mengatakan, berbagai cara dapat dilakukan untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional.

"Dengan menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat merupakan salah satu cara memaknai Hari Kebangkitan Nasional," kata August Hamonangan.

Ia menegaskan, para founding father bangsa ini mewariskan negara untuk dijaga. Tak hanya itu, mereka juga meletakkan dasar-dasar bernegara agar ke depannya negara ini dapat terjaga kelestarian lingkungannya.

"Di dalam UUD 1945 disebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Ini warisan dari pendiri bangsa untuk benar-benar kita jaga," tuturnya.

Ia berkeyakinan, IPI memiliki kesamaan visi, misi, dan filosofi dengan SoKoPeL dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya di wilayah Jaksel.

Dia pun mengimbau, anggota IPI atau warga yang menjadi korban pelanggaran lingkungan untuk tidak segan-segan melapor ke SoKoPeL.

Sementara itu, Ketua SoKoPeL Iskandar Sutadisastra berharap ke depannya dapat bersama-sama dengan IPI Jaksel melestarikan lingkungan dan menentang keserakahan pihak-pihak tertentu yang berpotensi merusak lngkungan.

"Selama ini masyarakat diam saja bukan karena tidak peduli. Mungkin mereka bingung mau melapor ke mana. Mudah-mudahan dengan hadirnya SoKoPeL bisa bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan sekitar kita dan Jakarta," imbuh Iskandar Sutadisastra.

Di tempat yang sama, Ketua IPI Jaksel Edi Santoso mengatakan ada 5.476 orang yang menjadi anggotanya. Ia berharap akan ada pertemuan berikutnya sehingga tercipta kesinergisan antara SoKoPeL dengan IPI.

Bahkan katanya, tidak menutup kemungkinan anggota IPI Jaksel akan menjadi anggota SoKoPeL juga.

"IPI sangat membutuhkan organisasi seperti SoKoPeL. Saat ini yang peduli dengan nasib pemulung hanya segelintir orang saja," ucap Edi.

Di kesempatan ini, SoKoPeL juga membagi-bagikan paket sembako, sarung, masker, dan nasi bungkus.

Tak hanya kepada anggota IPI saja, SoKoPeL juga membagi-bagikan kepada masyarakat dan pengemudi ojek daring (online) yang ditemuinya.

Editor : Y.C Kurniantoro