• News

  • Peristiwa

Soal Konser Amal, Bamsoet: Jika Ada yang Patut Disalahkan, Sayalah Orangnya

Penyerahan hasil lelang motor Jokowi
Istimewa
Penyerahan hasil lelang motor Jokowi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan bertanggung jawab atas segala kekurangan yang terjadi dalam penyelenggaraan konser amal virtual 'Berbagi Kasih Bersama Bimbo' pada Minggu (17/5/2020).

Karenanya, Bamsoet meminta berbagai pihak untuk tidak menyalahkan siapapun, apalagi sampai menarik-narik Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau menyalahkan para pekerja seni yang sudah ikhlas turut terlibat menyukseskan acara.

"Jika ada yang patut disalahkan, sayalah orangnya. Sepenuhnya tanggungjawab saya," kata Bamsoet dalam konferensi pers perkembangan hasil dari konser amal 'Berbagi Kasih Bersama Bimbo' di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (22/5/20).

"Penyelenggaraan konser tersebut tak lain adalah untuk membantu para seniman dan pekerja seni serta kelompok masyarakat lain seperti peternak, nelayan dan petani yang terdampak pandemi Covid-19," sambungnya. 

Pada kesempatan itu, Bamsoet juga 

melaporkan total donasi yang terkumpul per 22 Mei 2020. Melalui kitabisacom, terkumpul Rp 4.243.310.050 dari target Rp.5 miliar. Sedangkan dari benihbaikcom terkumpul Rp. 234.953.584. 

Bamsoet menyebut, seluruh dana yang terkumpul diserahkan untuk membantu seniman, pekerja seni, pekerja panggung, dan saudara-saudara lainnya yang terdampak pandemi Covid-19 melalui Yayasan Generasi Lintas Budaya.

"Partisipasi masyarakat untuk berdonasi sangat luar biasa. Bahkan ada anak kecil yang ikhlas memecahkan celengannya. Sebagai informasi, tingkat partisipasi publik di kitabisacom melampaui 1.300 orang, sedangkan di benihbaikcom mencapai 350 orang," ungkap Bamsoet. 

"Ini menunjukan semangat gotong royong yang diwariskan para pendiri bangsa, tak pernah padam," tutur mantan Ketua DPR itu.

Lebih jauh, Bamsoet menghaturkan terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan. Ia juga memberikan penghargaan sekaligus berharap agar amanat Presiden Jokowi dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri yang disampaikan secara virtual di awal konser, serta doa kebangsaan Wakil Presiden Maruf Amin dapat terwujud. 

“Semoga Indonesia sebagai bangsa yang besar, dapat tetap tabah dan bersatu dalam melawan Corona serta diberi kesabaran dan keselamatan oleh Allah SWT,” ujar politisi Partai Golkar itu. 

Tak lupa juga ucapan terimakasih disampaikan kepada Kepala BNPB, Kepala BPIP, Panglima TNI, Kapolri dan Jaksa Agung serta para pimpinan lembaga tinggi negara lainnya yang tampil secara virtual. 

Begitu juga kepada para pimpinan MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua MA, MK, KY dan Ketua BPK, Menteri BUMN, Menteri Kominfo serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah menunjukan kepada dunia bahwa para pemimpin Indonesia kompak dan solid dalam menghadapi pandemi covid-19.

"Kami juga salut, angkat topi dan respect kepada para pekerja seni dan seniman yang terlibat dalam acara konser virtual, yang telah memilih jalan ‘berbagi’. Karena sesungguhnya, berbagi itu indah," pungkas Bamsoet.

Diketahui, turut hadir dalam konferensi pers itu Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roslani, Ketua Panitia Penyelenggara Konser Olivia Zalianty, tokoh televisi senior Ishadi SK, dan pemenang lelang motor GESITS Warren Tanoesoedibjo yang didampingi sang ayah Hary Tanoesoedibjo.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati